Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA NEGERI 1 RAIJUA GELAR FESTIVAL BAHASA, SENI, DAN ILMIAH

 
(Foto: Dokumentasi Kegiatan Festival Bahasa, Seni, dan Ilmiah SMA Negeri 1 Raijua)


Sabu Raijua, CAKRAWALANTT.COM - Dalam memeriahkan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 dan menyongsong Hari Pahlawan pada 10 November 2022, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Raijua, Kabupaten Sabu Saijua, mengadakan Festival Bahasa, Seni, dan Ilmiah yang dimotori langsung oleh Badan Kepengurusan OSIS SMA Negeri 1 Raijua Masa Bhakti 2022/2023. Di dalam festival yang mengusung tema “Meretas Literasi, Menyemai Karakter Diri” tersebut, terdapat beberapa mata lomba yang diselenggarakan, seperti Lomba Storytelling in English (Bercerita dalam Bahasa Inggris), Lomba Debat, dan Musikalisasi Puisi. Perlombaan tersebut diikuti oleh perwakilan dari kelas X, XI, dan XII, serta berlangsung selama 9 hari (1-10/11/2022).

 

Dalam laporannya pada Selasa (1/11/2022) saat pembukaan kegiatan, Ketua Panitia Kegiatan, Eunhike Radja Kudji, menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan Festival Bahasa, Seni, dan Ilmiah tersebut adalah untuk mendorong para peserta didik SMA Negeri 1 Raijua agar bisa memahami makna dari Bulan Bahasa, Sumpah Pemuda, dan Hari Pahlawan. Selain itu, tambahnya, kegiatan tersebut juga dapat menjadi ajang apresiasi dan kreasi peserta didik dalam bidang bahasa, seni, dan ilmiah, serta memupuk rasa persaudaraan dan sikap nasionalisme.

 

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Raijua, Martinus Lay Wadu, S.Pd., dalam sambutannya, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pembina OSIS beserta seluruh jajaran Badan Pengurus OSIS yang telah berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan festival yang bernuansa ilmiah tersebut.



“Kita harus mendukung penuh kegiatan seperti ini sehingga ada banyak hal positif yang kita petik, khususnya bagi peserta didik, dalam mengenal kemampuan mereka dan juga sebagai acuan kita dalam merekomendasikan anak-anak yang berprestasi untuk berkompetisi ketika ada perlombaan di tingkat regional maupun nasional,” ujar Martinus. 


Lebih lanjut, ungkapnya, dengan Peringatan Sumpah Pemuda Ke-94 dan guna menyongsong Hari Pahlawan, semua pihak harus bersatu padu dengan semangat persatuan dalam membangun negeri ini, terlebih khusus SMA Negeri 1 Raijua, agar generasi-generasi yang terdapat di Wilayah Sabu Raijua dapat menjadi unggul. Untuk itu, tegas Martinus, walaupun berada di daerah terpencil, terbelakang, dan terluar, tetapi cara atau pola berpikir harus ekslusif. “Atau lebih sederhananya, berpikir global dan berindak lokal,” tutupnya.



Pantauan media, kegiatan pembukaan festival tersebut turut dihadiri oleh Badan Pengurus Komite (Kripari Mola Kore dan Tituson Nguru) dan juga perwakilan orang tua serta tamu undangan lainnya. Dalam rencana, rangkaian kegiatan tersebut akan ditutup pada 10 November 2022 mendatang bertepatan dengan Hari Pahlawan. Penutupan kegiatan akan  diawali dengan Upacara Bendera pada pagi hari dan dilanjutkan Tabur Bunga Pahlawan serta Konser Kebangsaan pada sore harinya. (Ande/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments