Latest News

Monday, 6 February 2017

Kobes: Pramuka untuk Memperbaiki Moral Anak Bangsa

Ketua Kwartil Pramuka TTU, Aloysius Kobes S.Sos berpose bersama  badan pengurus Pramuka Mabigus SDN Bansone usai Pelantikan pembina gugus depan Pramuka, Jumat, 27/01/17.

Kefamenanu, Cakrawala NTT

Dalam upaya perluasan sayap Pramuka di Kabupaten TTU, maka pada hari Jumat, 27/01/2016 diadakan pengukuhan dan pelantikan pembina gugus depan Pramuka SDN Bansone oleh Wakil Bupati TTU, Aloysisus Kobes, S.Sos selaku Ketua Kwarcab Pramuka TTU. Kegiatan yang bertema, “Satyaku Kudarrmakan bagi Bangsa dan Negara,” ini dilaksanakan di SDN Bansone, Kelurahan Bansone, Kecamatan Kota Kefamenanu.

Pada kesempatan itu, Agustina A. Suan, S.Pd.,SD selaku kepala SDN Bansone dalam sambutnya mengatakan bahwa gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang mendidik dan membina anak-anak dan pemuda Indonesia agar menjadi kader pembangunan yang cerdas, terampil dan berbudi pekerti luhur. Ia juga menegaskan bahwa kegiatan Pramuka merupakan bagian terpadu dalam kurikulum 2013 sebagai kegiatan ektrakurikuler, sehingga gerakan pemuda mempunyai andil tidak ternilai dari gerakan pendidikan di Indonesia.

“Perbedaan di dunia ini tidak saja dalam fisik dan bahasa tetapi juga dalam pikiran dan perkataan sehingga tantangan yang dihadapi oleh pramuka ke depan semakin beragam, berat dan kompleks. Oleh karenanya, diperlukan kerja sama yang baik antar Gudep masing-masing sekolah maupun anggota pramuka yang ada di wilayah kwartil TTU sehingga mampu menghadapi perubahan yang akan datang,” tegasnya.  

Aloysius Kobes, S.Sos dalam sambutanya melihat kompleksitas fenomena yang marak terjadi di bangsa ini melalui informasi yang terkadang melanggar nilai-nilai yang terkandung dalam Konstitusi Negara,  baik lewat media elektronik maupun surat kabar. “Maka melalui peranan Pramuka, moral anak bangsa mestinya harus sejak dini dibentuk, didampingi seefektif mungkin sehingga tertanam rasa nasionalisme dalam kepribadianya,” tuturnya.

Kobes melanjutkan bahwa diharapkan gerakan Pramuka menjadi wadah yang efektif guna mempersiapkan peserta didik sebagai ujung tombak perubahan bangsa ke depan yang mana membutuhkan kerja keras orang tua dan guru sebagai tenaga pendidik. Sesuai dengan gerakan yang digelorakan Presiden RI, Ir.Joko Widodo, yakni revolusi mental, maka hal tersebut harus menjadi sebuah catatan untuk terus diajarkan dan dibentuk, sehingga para pendidik mampu mempersiapkan peserta didik dan pemuda yang memiliki masa depan yang cerah. (Gery)
comments

No comments:

Post a comment