Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

APSSI Akan Gelar Konferensi Nasional Sosiologi (KNS) X di Kota Kupang Pada Juni Mendatang

 

(Informasi Sekretariat Panitia)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI) akan menggelar Konferensi Nasional Sosiologi (KNS) X di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 7-9 Juni 2023 mendatang. 


Kegiatan yang akan menghadirkan para Narasumber dari kalangan Sosiolog APSSI, Elite Politik/Ekonomi, Budayawan, dan Aktivis Masyarakat (Demokrasi dan Lingkungan) tersebut mengusung tema besar, yakni “Hubungan Masyarakat dan Elite Dalam Mewujudkan Indonesia Maju”.


Baca juga: Bunda Literasi NTT Dukung Terobosan Cakrawala NTT di Bidang Literasi 

 

Mengenal APSSI

 

Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI) merupakan organisasi resmi bagi Program Studi dan Ilmuwan Sosiologi seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

 

Sejak berdiri tahun 2012, APSSI telah menghasilkan riset terpublikasi, pemberdayaan masyarakat, konferensi nasional dan internasional, serta advokasi kebijakan.



Peran APSSI makin berkembang sebagai mitra kritis konstruktif seluruh aktor negara, baik pemerintah, swasta, dan komunitas sipil.

 

Mengangkat Tema Hubungan Masyarakat dan Elite

 

Tema yang diangkat dalam Konferensi Nasional Sosiologi (KNS) X tersebut berlandaskan pada hubungan antara masyarakat dan elite di banyak arena sosial yang menjadi salah satu kunci dalam arah transformasi bangsa dan negara, yaitu arah kemunduran atau kemajuan.

 

Sosiologi melacak hubungan masyarakat dan elite melalui konsep-konsep kunci sosiologis, dalam berbagai mahzab yang berbeda, termasuk diantaranya yang menjadi fundamen kepentingan, kekuasaan, stratifikasi, hingga norma-norma (pengetahuan).



Pada konteks masyarakat Indonesia yang saat ini memasuki tahun politik (2023-2024), sosiologi akan melihat bagaimana hubungan masyarakat dan elite akan mengalami eskalasi yang melibatkan hubungan kekuasaan, kepentingan, stratifikasi, dan pengetahuan.


Baca juga: Unwira Kupang Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Begini Prosedur Pendaftarannya 


Hubungan sosiologis masyarakat dan elite dalam ruang demokrasi dan digitalisasi keindonesiaan di tahun politik perlu mendapatkan amatan, kajian, dan advokasi. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana sejarah hubungan tersebut diwarnai oleh dominasi dari elite terhadap masyarakat.

 

Akibat dominasi elite adalah marjinalisasi masyarakat dalam merealisasikan keadilan sosial, ekonomi, politik, dan Hak Asasi Manusia (HAM). Proses dominasi berlangsung melalui penempatan masyarakat hanya sebagai obyek yang dieksploitasi untuk tujuan-tujuan seksional elite.

 

Secara khusus pada fase tahun politik 2023 dan secara umum dalam nation-state building, sosiologi memiliki kepentingan mentransformasi hubungan masyarakat dan elite berbasis pada prinsip inklusifitas, yaitu kesetaraan, menempatkan semua aktor sebagai subyek, berorientasi pada keadilan, dan kepentingan umum. Oleh sebab itu, APSSI menyelenggarakan Konferensi Nasional Sosiologi (KNS) X dengan tema “Hubungan Masyarakat dan Elite Dalam Mewujudkan Indonesia Maju”.

 

Menjadi Wadah Kajian, Advokasi, dan Konsolidasi

 

Pelaksanaan Konferensi Nasional Sosiologi (KNS) X tersebut memiliki beberapa tujuan utama, yakni (1) melakukan kajian sosiologis dalam berbagai kasus empiris terkait hubungan masyarakat dan elite untuk mencari strategi transformasi menuju kemajuan Indonesia; (2) melakukan advokasi terhadap praktik dominasi dalam hubungan masyarakat dan elite; dan (3) melakukan konsolidasi nasional sosiolog Indonesia menghadapi tahun politik.


Adapun sub tema yang akan dibahas pada Konferensi Nasional Sosiologi (KNS) X tersebut diantaranya (1) Identitas, Masyarakat, dan Elite Dalam Pemilu Indonesia; (2) Agama Dalam Hubungan Elite dan Masyarakat Dalam Pembangunan; (3) Gender, Kesetaraan Berpolitik, dan Kepentingan Publik; (4) Kekuasaan, Pembangunan, dan Krisis Lingkungan; dan (5) Masyarakat, Adat, dan Perhutanan Sosial.



Baca juga: Unwira Kupang Resmi Buka Prodi PPG 


Dalam perencanaannya, target peserta dalam Konferensi Nasional Sosiologi (KNS) X tersebut adalah sebanyak 200 orang yang berasal dari berbagai kalangan dan daerah, seperti Pengelola Prodi Sosiologi, Dosen, Mahasiswa, Peneliti, Peminat Ilmu Sosiologi, dan Aktivis.

 

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Sekretariat Panitia Konferensi Nasional Sosiologi (KNS) X di Program Studi (Prodi) Sosiologi Universitas Muhammadiyah Kupang, Jalan K. H. Ahmad Dahlan No. 17, Kayu Putih, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) 85228. Atau melalui No HP/WA: 0852-3920-4066. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments