Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

BUNDA LITERASI NTT DUKUNG TEROBOSAN CAKRAWALA NTT DI BIDANG LITERASI

 

(Bunda Literasi Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat. Foto: Tagar.id/Yos Syukur)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Bunda Literasi Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, mendukung terobosan Cakrawala NTT di bidang literasi. Hal itu disampaikannya beberapa waktu yang lalu melalui video sambutan dan rekomendasi kepada para peserta Workshop Literasi yang didukung oleh Cakrawala NTT. Menurutnya, di tengah kuatnya perkembangan dunia pendidikan saat ini, para guru dan peserta didik harus memiliki persiapan dan kesiapan serta dukungan dari berbagai pihak untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Salah satu aspek penting yang harus dikuatkan dalam kondisi tersebut, ungkap Julie, adalah literasi dan hal itu, sambungnya, telah dilakukan oleh Cakrawala NTT. 

 

“Perkembangan dunia pendidikan saat ini tengah berlangsung secara pesat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru dan peserta didik pun dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut, sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang diharapkan,” jelasnya.

 

“Semua itu harus dibarengi dengan kesiapan dan persiapan, baik dari segi kecakapan, keterampilan, dan kapasitas akademis, dari para guru dan peserta didik, serta dukungan dan tindak lanjut dari para pemangku kebijakan pendidikan dari tingkat pusat hingga daerah. Dan salah satu aspek yang harus dikuatkan adalah literasi dan Cakrawala NTT telah melakukannya dengan baik, salah satunya melalui pendampingan guru dan peserta didik di bidang menulis” ungkap Julie.

 

Untuk itu, selaku Bunda Literasi Provinsi NTT, Julie pun mendukung penuh terobosan-terobosan yang dilakukan oleh Cakrawala NTT di bidang literasi, termasuk penyelenggaraan Workshop Literasi, dengan semangat sinergitas-kolaboratif. Ia yakin bahwa dengan mengakarkan literasi di lingkungan pendidikan, maka peningkatan kompetensi guru dan kreativitas peserta didik dapat berjalan dengan baik.  


(Tangkapan layar dari video sambutan dan rekomendasi Bunda Literasi NTT)


“Melalui semangat sinergitas-kolaborasi ini, saya yakin bahwa Cakrawala NTT dan kita semua berkomitmen untuk mengakarkan literasi di lingkungan pendidikan sekaligus mendukung Gerakan Literasi Sekolah sebagai bagian dari Gerakan Literasi Nasional. Untuk itu, melalui kegiatan ini, saya berharap agar proses penguatan literasi di lingkungan pendidikan bisa terwujud dengan baik. Penguatan literasi bukanlah pekerjaan segelintir orang saja. Bukan pula dibebankan kepada pemerintah saja baik dalam tingkat nasional maupun daerah. Akan tetapi, pelaksanaan penguatan literasi memerlukan kerja sama semua pihak, termasuk sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan,” tambah Julie.

 

Julie pun berharap penguatan budaya literasi di lingkungan pendidikan dapat berjalan dengan baik dan dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan itu sendiri. Hal itu, tuturnya, harus berdampak positif bagi guru dan peserta didik, terutama dalam upaya melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan literat. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments