Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

UNWIRA KUPANG RESMI BUKA PRODI PPG

(Foto: Penyerahan SK oleh Kepala LLDikti Wilayah XV kepada Rektor Unwira Kupang)


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang resmi membuka Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) setelah menerima Surat Keputusan (SK) yang diserahkan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XV, Senin (30/1/2023). Penyerahan SK tersebut dilakukan oleh Kepala LLDikti Wilayah XV, Prof. Dr. Adrianus Amheka, S.T.,M.Eng., kepada Rektor Unwira Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., di Ruang Rapat Rektorat Unwira Kupang, serta disaksikan langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus (Yapenkar) Kupang, Pater Yulius Yasinto, SVD.,MA.,M.Sc.

 

Dalam sambutan awalnya, Pater Philipus memberikan apresiasi kepada pihak LLDikti Wilayah XV yang telah menyerahkan SK Pembukaan Prodi PPG tersebut. Hal itu, baginya, merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Unwira Kupang. Dengan dibukanya Prodi PPG tersebut, lanjut Pater Philipus, pihak Unwira Kupang bisa membantu dan mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi NTT.

 

“Pembukaan Prodi PPG ini merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Unwira. Kami menyadari bahwa Prodi PPG ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di NTT. Oleh karena itu, kami siap menerima SK Prodi PPG ini sembari mengharapkan arahan dari Pemerintah saat ini maupun saat menjalankan Program Studi itu nanti,” ujar Pater Philipus.

 

Sementara itu, Kepala LLDikti Wilayah XV, Prof. Dr. Adrianus Amheka, S.T.,M.Eng., menerangkan bahwa Prodi PPG yang telah resmi dibuka tersebut merupakan bagian dari usaha Unwira Kupang dalam membantu kinerja LLDiktik Wilayah XV.

 

“Kami sangat mengapresiasi pencapaian Unwira ini. Ini merupakan bagian dari usaha Unwira untuk membantu kerja-kerja kami di LLDikti Wilayah XV. Semoga dengan dibukanya Prodi PPG ini, kualitas pendidikan kita bisa semakin lebih baik,” ungkap Prof. Adrianus.


(Foto kiri-kanan: Ketua Yapenkar, Pater Yulius Yasinto, SVD., Rektor Unwira Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., dan Kepala LLDikti Wilayah XV, Prof. Dr. Adrianus Amheka)

 

Menjaga Kualitas Perguruan Tinggi (PT)

 

Lebih lanjut, Prof. Adrianus menegaskan bahwa pihaknya harus terus memberikan laporan terkait kestabilan Perguruan Tinggi (PT) yang berkualitas. Di tahun 2023, jelasnya, LLDikti terus melakukan ekspansi ke berbagai PT, terutama PT yang berada di bawah naungan kementerian atau lembaga. Untuk itu, lanjut Prof. Adrinus, pihaknya akan mencoba melakukan pemetaan PT yang akan di-support.   

 

Ia juga menambahkan bahwa LLDikti terus menjaga kualitas PT dengan rutin melakukan sosialisasi, monitoring, dan evaluasi terhadap berbagai prodi. Menurutnya, prodi harus aktif dan efisien. Hal itu, tambahnya, bisa mengakselerasi mutu dan kualitasnya agar lebih bagus.

 

“Dari hari ke hari, kinerja kami terus dievaluasi, termasuk dalam hal memberikan laporan dan memfasilitasi Perguruan Tinggi (PT) di NTT untuk meningkatkan kualitas PT. Pada tahun 2023 ini, kita harus berlari dua kali lipat untuk meningkatkan kualitas PT. Oleh karena itu, kami juga berharap agar semua PT di NTT, khususnya Unwira, terus meningkatkan akreditasi. Apalagi, Unwira sudah memiliki gedung yang bagus dan sudah memiliki 23 Prodi,” ungkap Kepala LLDIKTI XV yang menyelesaikan Program Doktoralnya di University of Tsukuba, Ibaraki, Jepang tersebut.


(Foto: Suasana diskusi antara Yapenkar, Unwira Kupang, dan Tim LLDikti Wilayah XV)


Meningkatkan Kualitas Dosen dan Pegawai

 

Di akhir penyampaiannya, Prof. Adrianus berharap agar pihak Unwira Kupang bisa terus menjaga dan meningkatkan kualitas dosen dan pegawai. Hal itu, tegasnya, bisa dilakukan dengan mendukung lahirnya Guru Besar atau Professor di lingkungan Unwira Kupang.

 

“Unwira memiliki tenaga dosen yang banyak. Maka, saya yakin bahwa Unwira bisa. Sebagai bagian dari Pemerintah, kami yakinkan bahwa kita bisa bekerja sama dengan baik. Kalau memang Guru Besar tidak bisa, kita usahakan Lektor Kepala dulu. Sebab, peningkatan Jabatan Fungsional (Jafung) merupakan salah satu usaha kita untuk mempertahankan kualitas PT,” pungkas Prof. Adrianus.

 

Pantauan media, pada kesempatan tersebut, turut hadir Sekretaris Yapenkar, Pater Egidius Taimenas, SVD.,S.Fil.,MH., Bendahara Yapenkar, Pater Eugenius Dwi Ardhika Irianto, SVD., S.Fil.,M.Th.,MM., Wakil Rektor I Unwira Kupang, Dr. Samuel Igo Leton, M.Pd., Wakil Rektor II Unwira Kupang, Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE.,M.Sc., para Dosen FKIP Unwira Kupang, Tim LLDIKTI XV, dan awak media. (MDj/red)

 

(Berita di atas juga bisa dibaca dan diakses di link https://unwira.ac.id/home/detail_berita/1566/lldikti-xv-serahkan-sk,-unwira-resmi-membuka-prodi-ppg)


Post a Comment

0 Comments