Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SISWA SMP NEGERI 2 MBELILING MANGGARAI BARAT, DUTA OSN MATEMATIKA PROVINSI NTT

  
Manggarai Barat, CakrawalaNTT.COM - Peserta  Didik  SMP Negeri 2 Mbeliling atas nama Petrus Kalvin Andika Tamans menjadi Duta O2SN Nasional perwakilan Provinsi NTT. Peserta asal Kabupaten Manggarai Barat berhasil meraih prestasi ini setelah melewati beberapa tahapan seleksi sejak di tingkat sekolah, kabupaten, dan tingkat provinsi di Kupang.

Mendengar berita ini, Selasa (7/5/2019), Kepala SMP Negeri 2 Mbeliling, Paulinus Rodi, S.Pd menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Kalvin yang sudah lulus dan berhasil menjadi perwakilan Provinsi NTT di level nasional.

“Profisiat anak Kalvin, terima kasih guru pembimbing dan para guru, terima kasih kepada orang tua, dan keluarga dari Kalvin, terima kasih kepada keluarga besar SMP Negeri 2 Mbeliling serta terima kasih kepada Dinas PKO Kabupaten Manggarai Barat dan kepadamu semua atas ketercapaian ini,”  kata Paulinus.

Paulinus menjelaskan pihak SMP Negeri 2 Mbeliling memperoleh SK resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI karena salah satu peserta didik SMP Negeri 2 Mbeliling menjadi perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur lomba OSN bidang Matematika.

“Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019 telah menetapkan Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP pada tanggal 03 Mei 2019 di Jakarta.  Surat Keputusan yang bernomor:  1535/ D3/KP/ 2019 diterima oleh Pihak SMP Negeri 2 Mbeliling pada  Selasa, 07 Mei 2019,” jelasnya.

“Keberhasilan dari SMP Negeri 2 Mbeliling kali ini tidak terlepas dari perwujudan misinya yaitu terwujudnya sekolah yang berakhlak mulia, kompetitif, dan unggul secara akademik dan non akademik, dengan salah satu misinya adalah mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang sains dari tingkat daerah sampai ke level nasional,” ujarnya.

Lanjut Paulus, keberhasilan yang diperoleh Petrus Kalvin Andika Tamans tidak terlepas dari dukungan para guru teristimewa pendampingan guru bidang studi Matematika.

“Guru bidang studi Matematika, Maria L. Yutun Susanti, S.Pd dan Monika Berti, S.Pd secara tim terus melakukan pendampingan kepada setiap siswa khususnya anak-anak yang berminat pada bidang  Matematika.Dari semua siswa yang dibimbing, anak Kalvin yang lebih menonjol jika dibanding dengan teman-teman lainnya,” kata Paulinus.

Kepada Media ini, Jhony Bosco Lampung, S.Fil menuturkan bahwa pada  bulan Januari-Februari 2019, pihak sekolah  mengadakan seleksi di tingkat sekolah dan selanjutya mengikuti lomba OSN Tingkat Kabupaten di Labuan Bajo pada tanggal 16 Maret 2019. Pada tanggal 20 Maret 2019, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat mengumumkan bahwa Petrus Kalvin Andika Tamans menjadi duta Manggarai Barat untuk OSN Matematika Tingkat SMP. Kalvin berhak mendapat tiket menuju level provinsi di Kupang.

“Pada tanggal 13 April 2019, Kalvin mengikuti lomba OSN Matematika bersama dengan peserta dari semua kabupaten se-NTT. Berita kejuaraan OSN Tingkat NTT yang diraih oleh anak Kalvin ini menjadi kebanggaan bagi Keluarga Besar SMP Negeri 2 Mbeliling,“ tutur Jhony.

Jhony menjelaskan latar belakang kehidupan Kalvin. Di tengah keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, sekolah dari wilayah bentang alam Pegunungan Mbeliling ini bisa mengukir sejarah. Kalvin merupakan Putera kelahiran Roe, desa Cunca Lolos, pada 09 September 2004. Sekarang sedang duduk di kelas Delapan. Orangtuanya bermata pencaharian sebagai petani. Menurut kisah orangtuanya (Alfons Andi), Kalvin rajin belajar mandiri di rumah.

“Kalau pergi ke sekolah, dia selalu tepat waktu dan berusaha lebih cepat dari teman-temannya. Selama ada di sekolah pun anak Kalvin menjadi teladan bagi teman-teman yang lainnya. Gaya hidup anak Kalvin mau memperkuat ungkapan Latin...Bona culina, bona disciplina (dapur baik akan menentukan disiplin yang baik, Red.). Bahwa disiplin mesti berawal dari rumah dan keluarga. Sebab kalau anak dalam rumah, anak terbiasa untuk disiplin, maka ia dengan mudah mewujudkan sikap disiplin dalam hidup bersama di sekolah maupun di tengah masyarakat,” kilas Jhony.

SMP Negeri 2 Mbeliling terletak di Jalan Trans Flores, KM 31- Roe, Desa Cunca Lolos-Kecamatan  Mbeliling-Kabupaten Manggarai Barat. Sekolah ini berbatasan langsung dengan kawasan hutan Mbeliling, sebuah wilayah yang menjadi salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Manggarai Barat.  Letaknya pas di pelataran hutan Mbeliling, dengan jarak 31 kilometer dari kota pariwisata, Labuan Bajo.  Daerah ini (Roe dan sekitarnya) sering disebut kawasan Puncak.

Lembaga ini mendapat Izinan resmi dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui SK Pendirian Operasional Sekolah dengan No: 133/ KEP/ HK/ 2010 pada tanggal 03 Agustus 2010. Pada tanggal 19 Desember 2014, SMP Negeri 2 Mbeliling sudah terakreditasi dengan nilai B melalui SK nomor: 77/ BAPS/MNTT/XII/2014. Pada tahunu ini (2019), SMP Negeri 2 Mbeliling sedang dalam upaya untuk persiapan Akreditasi lanjutan.

“Sampai dengan saat ini, jumlah guru 22 orang, dengan rincian 9 orang  (PNS), 2 orang Kontrak daerah, dan 11(Guru Tidak Tetap). Jumlah siswa ada 173 orang dengan mayoritas orangtuanya bermata pencaharian petani,” tuturnya.

SMP Negeri 2 Mbeliling sebagai “dapur” pun telah menyiapkan diri untuk  “memasak”  aneka disiplin ilmu untuk merancang masa depan siswanya. Memasuki usianya yang kesembilan tahun, SMP Negeri 2 Mbeliling terus berbenah teristimewa dalam menyiapkan diri untuk akreditasi sekolah. Aneka prestasi telah diukir oleh SMP Negeri 2 Mbeliling tahun 2019. Selain juara OSN Tingkat Provinsi, SMP Negeri 2 Mbeliling juga menjadi juara umum lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Tingkat Kecamatan Mbeliling. Di tengah kegembiraan ini, SMP Negeri 2 Mbeliling masih memiliki aneka keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. Betapa tidak, sampai dengan saat ini SMP Negeri 2 Mbeliling belum memiliki ruang guru dan kantor sekolah, buku-buku bacaan siswa, sarana komputer, peralatan musik dan aneka fasilitas lainnya.

“Salah satu tokoh peduli pendidikan SMP Negeri 2 , Bapak Fransiskus Aman berharap agar Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat untuk terus memperhatikan sekolah yang berprestasi dari daerah yang terpencil dan masih minim fasilitas. Semoga moment prestasi sekolah ini menjadi moment peningkatan pembangunan fisik sarana dan prasarana bagi SMP Negeri 2 Mbelling. Pada awal pendirian sekolah ini, orangtua siswa, komunitas SMP Negeri 2 Mbeliling serta tokoh-tokoh peduli pendidikan SMP Negeri 2 Mbeliling telah bekerja sama membangun iklim kedisiplinan dan semangat gotong royong membangun sarana dan prasarana awal di SMP Negeri 2 Mbeliling. Semoga dengan prestasi sampai di level nasional, pemerintah pusat bisa membuka mata untuk melihat keadaan terkini di sekolah terpencil ini,” kata Jhony.

Jhony Bosco berharap  SMP Negeri 2 Mbeliling tidak boleh terlena dengan prestasi gemilang ini. Masih ada ribuan generasi emas ke depannya untuk dibimbing dan dilatih oleh para guru. Hendaknya SMP Negeri 2 Mbeliling terus menata pendidikan yang sesungguhnya dengan tetap menata kedisiplinan dalam hidup. Setiap insan pendidikan mutlak untuk terus mendisiplinkan diri dan belajar tanpa henti. Tidak boleh terserang oleh virus kemapanan.

“Kewajiban kita bersama adalah hadir dan berdialog langsung dengan dunia kehidupan dengan segala problem yang menyertainya. Dalam dunia kehidupan, kita belajar artinya hidup dan bagaimana harus hidup dengan baik. Guru adalah semua orang dan segala tempat adalah sekolah, demikian kata tokoh pendidikan, Ki Hajar Dewantoro,“ kata Jhony. (JB/IS/RZ)

Post a Comment

0 Comments