Latest News

Saturday, 28 July 2018

Rusunawa untuk UNTRIB


Alor, CakrawalaNTT.com - Rektor Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi, Kabupaten Alor dan Ketua Yayasan menemui Ketua Komisi V DPR RI, Fary Francis di Senayan pada Februari 2017. Mereka datang untuk menyampaikan harapan dan aspirasi agar Untrib bisa mendapatkan bantuan Rusunawa dari pemerintah pusat. Saat itu, Ketua Komisi V meminta pihak kampus agar berkoordinasi dengan pihak  Satker Perumahan untuk mendapatkan berbagai persyaratan teknis. Wakil rakyat ini berjanji untuk berkomunikasi dengan pihak Kementerian PUPR untuk merespon aspirasi ini. Kepada pihak kampus dan yayasan, ia meminta agar menyertakan perjuangan ini dalam doa. 

Minggu (27/08/17), Ketua Komisi V bersama pihak Kementerian PUPR dan Kementerian Desa, PDT berkunjung ke Alor dan Pantar. Salah satu lokasi yg dikunjungi saat itu adalah Kampus Untrib. Pada saat itu, Ketua Komisi V memberikan kuliah umum di kampus Untrib dan melihat langsung lokasi yang direncanakan untuk Rusunawa. Pihak kampus diminta mempersiapkan segala persyaratan teknis agar proses pengusulan tidak menemui kendala. 

Lagi-lagi pihak kampus dan yayasan menitipkan pesan agar Ketua Komisi V ini memperjuangkan hadirnya rumah susun mahasiswa (rusunawa) dan tambahan satu permintaan lagi yakni kalau bisa dibantu 1 unit bus kampus. 

“Tolong didoakan agar perjuangan ini bisa berhasil,” pesan Fary  Francis. 

Sebagai wakil rakyat NTT, ia paham betul bahwa rusunawa adalah kebutuhan penting bagi Untrib, mengingat banyak mahasiswa berasal dari daerah yang jauh dan karena itu mesti diasramakan. Bus kampus juga penting untuk mobilisasi mahasiswa dalam berbagai kegiatan. 

Sabtu (28/7/18), Ketua Komisi V DPR RI bersama pihak Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR datang ke Kampus Untrib. Hari ini menjadi peristiwa bersejarah bagi Untrib karena harapan dan aspirasi mereka terjawab. Pemerintah Pusat telah menjawab harapan Untrib. Hari ini Ketua Komisi V bersama pihak Kementerian Perhubungan dan PUPR melakukan groundbreaking Rusunawa Untrib dan menyerahkan 1 unit bus kampus. Ini adalah bentuk perhatian pemerintah pusat yang merespons aspirasi civitas akademika Untrib. 

Fary Francis mengingatkan agar rusunawa mesti menjadi home bagi mahasiswa bukan sekadar house. Bukan juga hotel, tempat transit. Home adalah tempat yang nyaman bagi  pembinaan dan pembentukan karakter. Mesti ada pembinaan karakter plus di tempat ini. Jika rusunawa ini dikelola dengan baik maka tentu ada manfaatnya bagi Untrib. Rusunawa ini adalah hunian asrama bagi mahasiswa dengan menyiapkan fasilitas asrama layak huni dan terjangkau. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua DPRD NTT Gabriel Beribina dan Anggota DPRD NTT Ans Takalapeta serta Asisten II Sekda Alor mewakili Bupati Alor. 

Rusunawa ini dibiayai APBN TA 2018 sebesar Rp 10 miliar lebih. Dikerjakan PT Muliaprima Persada selama 240 hari kerja. Dibangun 3 lantai, dengan 37 ruangan dan kapasitas 148 orang. Rusunawa ini dilengkapi dengan tempat tidur tingkat, meja, dan kursi belajar serta lemari. Fasilitas listrik dan air disiapkan. (Anis Atamai/rz) 




comments

No comments:

Post a Comment