Latest News

Friday, 4 August 2017

Politani Negeri Kupang Mengabdikan Diri untuk Masyarakat



Kupang, Cakrawala NTT – Para dosen dan mahasiswa Program Studi Teknologi Pakan Ternak, Jurusan Peternakan Politani Kupang menjalani kegiatan pengabdian masyarakat. Ketua Jurusan Peternakan bersama PLP dan pegawai administrasi  Prodi  Teknologi Pakan Ternak turut hadir dalam kegiatan yang  berlangsung di RT.06/RW.03 Desa Noe Kele, Kelurahan Tuatuka ini, Jumat (4/8/2017).
Johanis A. Jermais, S.Pt, M.Sc.
Menurut Ketua Jurusan, Johanis A. Jermais, S.Pt, M.Sc., kegiatan ini merupakan salah satu dari tiga tugas pokok Perguruan Tinggi,  yaitu mengajar, meneliti, dan mengabdi. Jermais menambahkan, pada darma ketiga ini dosen mendemisikan atau menyebarluaskan teknologi pakan ternak, baik temuan sendiri atau temuan orang lain yang selanjutnya disosialisasikan atau disebarluaskan kepada masyarakat.
Pada kegiatan kali ini pihak kampus bekerja sama dengan Kelompok Tani Sumber Berkat, dalam jangka waktu tiga tahun, kerja sama ini diharapkan mampu mengembangkan desa binaan ini menjadi desa contoh.
“Model pengembangan yang paling pas menurut kami adalah membuat contoh, dan hal ini adalah kebijakan Politani, namun kebijakan jurusan peternakan sendiri menitikberatkan pada pengembangan padang pengembalaan dan penghasil hijauan makanan ternak, kami mengembangkan jenis tumbuhan unggul yaitu legumanosa yaitu tanaman yang tahan terhadap cuaca panas dan kemarau panjang seperti di desa binaan ini. Pengabdian masyarakat ini melibatkan juga mahasiswa, mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini adalah mahasiswa program studi teknologi pakan ternak, mengapa mahasisiwa dilibatkan? alasannya adalah karena ada beberapa mahasisiwa yang tertarik melakukan penelitian ini, dan ada juga yang sedang melakukan penelitian,” terang Jermais.
Ir. Agustinus Semang, MSi
Melalui kegiatan pengabdiaan masyarakat ini para kelompok tani di desa binaan mendapat ilmu dan refrensi dalam berternak. Bagi para mahasiswa kegiataan ini menjadi praktik atau implemtasi dari ilmu yang telah diperoleh. Ketua panitia pelaksanaan kegiatan, Ir. Agustinus Semang, MSi., mengatakan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat sangat bermanfaat bagi warga desa binaan dan juga bagi mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut.
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah teknik budidaya lorong pada tanaman legumenosa, materi penggemukan sapi, pencampuran konsentrat bahan makanan yang bergizi bagi ternak, dan amoniasi,jelas Semang.
Penerapan dari teknik budidaya lorong dan teknik amoniasi pada desa binaan ini akan terus dipantau. Acara puncak dari kegiatan ini akan berlangsung pada awal bulan September nanti berupa penyuluhan dan presentasi atas apa yang telah dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat. (Alex Natara / Vio Ongkor)


comments

No comments:

Post a Comment