Latest News

Tuesday, 23 July 2019

SEKOLAH PERLU IMPLEMENTASIKAN GERAKAN LITERASI DALAM KEGIATAN NYATA



Ende, CAKRAWALANTT.COM – Gerakan Literasi merupakan sebuah gerakan yang sudah digaungkan secara nasional sejak dikeluarkannya Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Seiring dengan hal tersebut, sekolah sebagai lembaga pendidikan perlu mengimplemetasikan gerakan literasi dalam berbagai kegiatan nyata.

Hal ini disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang PPS/PPG SMKN 2 Ende, Arsad, S.Pd., mewakili kepala SMKN 2 Ende ketika membuka kegiatan Bimbingan Teknis Literasi bagi siswa yang digelar di SMKN 2 Ende, Senin (22/7/2019). Dirinya menekankan, abad ke-21 merupakan era digital dimana nilai-nilai budaya manusia dapat tergeser dengan mudah oleh kemajuan teknologi. Karena itu literasi disadari sebagai sebuah modal kokoh yang harus dibangun dalam mempersiapkan generasi emas tahun 2045, ketika Indonesia genap merayakan 100 tahun kemerdekaan.

“Kegiatan ini merupakan kabar gembira karena kita didampingi secara teknis untuk menggali berbagai potensi di dalam diri kita untuk disalurkan melalui jalur yang benar. Literasi menuntun kita untuk memahami dunia kita yang sesungguhnya,” tegasnya.

Sementara itu selaku panitia penyelenggara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Dra. Mitang Yohana Uhung, meminta peserta didik yang terpilih agar mengikuti kegiatan ini secara baik. Hal ini dikarenakan kegiatan literasi sangat berguna bagi pengembangan diri peserta didik.

“Anda harus bersyukur dipilih dari dua ribuan siswa di sekolah ini. Mengapa Anda yang dipilih, karena Anda punya kemampuan yang akan diolah dalam kegiatan literasi ini. Karena itu manfaatkan kesempatan dua hari ini untuk menggali potensi yang dimiliki,” harapnya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti 60 siswa yang dipilih dari kelas XI dan kelas XII, didampingi lima orang guru bahasa Indonesia. Sedangkan narasumber adalah tim Media Pendidikan Cakrawala NTT, Robert Fahik, M.Si (pemimpin redaksi) dan Pius Firminus, A.Md (wartawan). (primus/rf/red)

comments

No comments:

Post a Comment