Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KBM UMK Gelar Workshop Inovasi Pembuatan Perangkat Pembelajaran dan Asesmen Formatif

Suasana workshop.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Komunitas Belajar Mengajar (KBM), Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), menggelar kegiatan “Workshop Inovasi Pembuatan Perangkat Pembelajaran dan Asesmen Formatif berbantuan Aplikasi Kreatif” di Lantai 3, Gedung A UMK, Sabtu (20/4/2024). Kegiatan tersebut diikuti oleh para mahasiswa (calon guru) dan Alumni KBM yang berprofesi sebagai guru.

 

Pembina KBM UMK, Budi Kurniawan, mengatakan, workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru serta membuka ruang kolaborasi bagi para calon guru dan guru agar bisa saling bertukar pengalaman.

 

“Melalui diskusi dan sesi praktik langsung, para peserta dapat memperdalam pemahaman mereka dalam menggunakan canva dan quizizz untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas,” ujar Dosen PGSD UMK tersebut.



Ia menambahkan, upaya mengintegrasikan teknologi dan kreativitas dalam proses pembelajaran sangat penting untuk mempersiapkan para calon guru menjadi pendidik yang berkualitas.

 

Canva sendiri merupakan platform desain grafis yang menjadi pusat perhatian dalam pembuatan materi dan perangkat pembelajaran yang menarik (atraktif). Dalam workshop tersebut, para peserta dibimbing untuk dapat menggali kreativitas dalam merancang materi dan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

 

Selain canva, aplikasi quizizz juga menjadi fokus utama dalam pengembangan asesmen formatif yang menyenangkan dan interaktif. Dengan quizizz, para pendidik dapat membuat kuis yang menarik dan adaptif sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik. Hal ini memungkinkan terjadinya proses evaluasi yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi guru maupun peserta didik.



Untuk itu, melalui kegiatan workshop tersebut, para peserta yang terlibat di dalamnya bisa meningkatkan kreativitas dan keterampilannya untuk merancang perangkat pembelajaran yang menarik. (Carles KarmaleyMDj/red)


Post a Comment

0 Comments