Latest News

Wednesday, 13 December 2017

Gelar Bimtek Karya Ilmiah, Saleha Wongso Minta Guru SMAN 8 Kota Kupang Jadi Contoh bagi Sekolah Lain


Kota Kupang, Cakrawala NTT_SMA Negeri 8 Kupang  bekerjasama dengan Media Pendidikan Cakrawala NTT (MPC NTT) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Karya Ilmiah bagi para sekolah tersebut. Mengangkat tema, “Mempertegas Komitmen Membangun Kreativitas, Inovasi dan Profesionalisme Guru demi Membentuk Siswa-Siswi yang Berkarakter,” bimtek ini dilaksanakan di Aula SMAN 8 Kupang yang terletak di Jln. M. B Mail, Kota Kupang dan berlangsung selama 3 hari, sejak Selasa (12/1217) hingga Kamis (14/12/17)
Saat membuka kegiatan tersebut secara resmi, Kepala UPT Wilayah 1, Dinas Pendidikan propinsi NTT, Saleha Wongso, SE mengapresiasi pihak SMAN 8 Kupang  yang telah mengadakan kegiatan bimtek Karya Ilmiah tersebut.

“Ini merupakan salah satu kegiatan yang memang perlu kita maknai bersama, karena tidak semua sekolah berpikir untuk melaksanakan bimtek seperti ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Wongso,  para guru harus  memanfaatkan momen ini dengan baik guna menyamakan persepsi terkait apa itu karya tulis. Bahwa karya tulis yang dibuat memiliki hubungan dengan beberapa hal, di antaranya untuk meningkatkan kreativitas guru serta dibutuhkan dalam urusan kenaikan pangkat.

“Saya juga sangat senang karena setelah saya kembali ke sekolah ini, ternyata ada upaya peningkatan kualitas terkait dengan bimtek karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah ini sangat penting. Saya menegaskan lagi karena karya tulis ilmiah sangat mendukung  guru untuk kenaikan pangkat,” tambahnya.

Saleha pun berharap agar para guru SMAN 8 Kupang menjadi contoh bagi sekolah lain, karena khususnya di Kota Kupang, baru SMAN 8 yang mengadakan Bimtek Karya Tulis Ilmiah.

Ia juga mengapresiasi Media Cakrawala NTT yang sudah membantu para guru khususnya guru SMA 8 Kupang dalam penulisan karya tulis ilmiah. Dirinya juga meminta tim MPC NTT untuk memberikan materi yang membuat para guru merasa nyaman dalam mengikuti kegiatan ini.
Sementara itu, Wakasek Humas SMAN 8 Kota Kupang, Marnia Elisabet Lenggu, S.Pd yang juga merupakan salah satu peserta Bimtek Karya tulis ilmiah di sela-sela kegiatan berlangsung  mengatakan bahwa  kegiatan seperti ini sangat perlu dilakukan, karena guru juga membutuhkan pelatihan guna meningkatkan kompetensinya.

“Saya berterimaksih kepada Cakrawala NTT yang sudah bersedia mendampingi kami dalam menulis Karya ilmiah ini,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMAN 8 Kupang, Haris Akbar, S.Pd menjelaskan bahwa tema yang diangkat dalam Bimtek ini bermakna bahwa para guru harus menyadari bahwa sebagai guru, dirinya harus kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, guru harus terus memacu diri untuk lebih pandai dan lebih profesional dalam mengejewantahkan semua ilmu yang dimiliki kepada siswa. Guru juga harus tetap menjunjung tinggi nilai nilai ahklak yang mulia dan berusaha secara optimal agar semua siswanya menjadi pandai dan memiliki karakter sesuai dengan nilai nilai budaya bangsa yang luhur.

“Melalui kegiatan ini kami para guru SMAN 8 Kupang ingin menyampaikan bahwa kami telah berkomitmen untuk selalu mengasah kemampuan kami sehingga kami semua bisa lebih profesional, salah satunya ialah dengan melaksanakan kegiatan ini, karena memang penelitian ilmiah merupakan upaya pengembangan diri seorang guru,” katanya. (*)
comments

No comments:

Post a Comment