Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PELAKSANAAN UJIAN ANBK DI SMA NEGERI 3 MACANG PACAR BERJALAN LANCAR

 

(Foto: Suasana pelaksanaan Ujian ANBK di Laboratorium Komputer SMA Negeri 3 Macang Pacar)


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, berhasil menggelar Ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) selama 2 hari, yakni Rabu (31/8/2022) dan Kamis (1/9/2022). Ujian ANBK yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMA Negeri 3 Macang Pacar tersebut terbilang berhasil, meskipun sempat menemui beberapa hambatan karena keterbatasan sarana dan prasarana. Hal itu diutarakan oleh Proktor SMA Negeri 3 Macang Pacar, Hironimus Purnomo, S.Pd., ketika ditemui di sela-sela pelaksanaan ANBK.

 

“Pelaksanaan Ujian ANBK di SMA Negeri 3 Macang Pacar tahun 2022 ini telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT. Untuk SMAN 3 Macang Pacar termasuk dalam gelombang kedua dalam pelaksanaannya,” jelas Hironimus.

 

Hironimus menerangkan bahwa Ujian ANBK tersebut diikuti oleh 45 peserta didik SMA Negeri 3 Macang Pacar dan seorang pengawas dari SMAS St. Markus Pateng. Proses Ujian ANBK, ujar Hironimus, berlangsung secara semi-online (offline), karena terbatasnya jaringan internet serta minimnya ketersediaan sumber listrik yang memadai. Hal itu, ungkap Hironimus, tidak jauh berbeda dengan situasi Ujian ANBK pada tahun sebelumnya.

 

“Keberlangsungan ANBK tahun ini masih sama seperti tahun lalu, yaitu bersistem semi-online yang mana para peserta menyelesaikan soal di komputer secara offline. Alasannya karena jaringan akses internet yang susah juga sumber daya listrik yang masih susah. ANBK ini seharusnya berlangsung secara online. Baik di hari pertama ujian maupun di hari kedua ujian sering mengalami kendala, seperti perangkat error juga kendala lainnya ialah kemahiran para peserta dalam mengakses perangkat komputer masih minim,” ungkap Hironimus.

 

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Macang Pacar, Fransiskus Salmon S.Pd., menuturkan bahwa penyelenggaraan ANBK secara semi-online (offline) menyita banyak hal, terutama waktu, tenaga dan juga anggaran.

 

“Penyelenggaraan ANBK secara offline membuat segala sesuatu agak ribet seperti waktu yang dibutuhkan panitia dan juga menyedot banyak anggaran,” ungkap Fransiskus.

 

Untuk itu, Fransiskus mengharapkan agar pihak pemerintah lebih memperhatikan lagi beberapa hal terkait sarana yang lebih memadai, khususnya bagi sekolah-sekolah yang berada di pelosok, seperti halnya SMA Negeri 3 Macang Pacar.

 

“Harapannya, semoga pihak pemerintah lebih melihat lagi sarana jaringan yang memadai sehingga penyelenggaraan ANBK berikutnya berlangsung secara online dan tidak menyedot energi yang banyak baik tenaga, waktu, dan juga anggaran,” tambahnya.

 

Pantauan media, proses pelaksanaan Ujian ANBK lingkup SMA Negeri 3 Macang Pacar tahun 2022 tersebut boleh dikatakan sukses berkat kerja keras proktor bersama teknisi. Untuk diketahui, ANBK merupakan salah satu evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter dan survei lingkungan belajar berbasiskan komputer. (Konstantinus Aman/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments