Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA NEGERI ALKANI SIAP TINGKATKAN BUDAYA LITERASI

 

Kepala SMA Negeri Alkani, Dra. Fransiska Hoar Seran. 



Malaka, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Alkani, Dra. Fransiska Hoar Seran mengungkapkan bahwa lembaga pendidikan yang dipimpinnya siap meningkatkan budaya literasi. Hal itu disampaikannya ketika diwawancarai oleh media ini, Sabtu (12/2/2022). Menurutnya, generasi muda saat ini harus terus didorong dan diarahkan untuk giat membaca dan menulis sebagai bagian dari pengimplementasian literasi dasar.

 

“Kita sama-sama mendorong generasi muda untuk terus membaca dan menulis karena dengan membaca kita bisa mengenal dunia dan dengan menulis kita bisa dikenal dunia,” ujarnya.

 

Fransiska menjelaskan Gerakan Literasi Nasional (GLN) telah digelorakan sejak tahun 2015. Untuk itu, imbuhnya, pihak SMA Negeri Alkani mulai menerapkan jam wajib membaca bagi para peserta didik selama 15 menit sebelum Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) dimulai. Bahan bacaan yang dibaca tersebut, ujar Fransiska, terdiri dari buku-buku bacaan, karya sastra, buku pelajaran, jurnal, dan sebagainya. Selain itu, sambungnya, pihak sekolah juga membentuk tim khusus yang berperan untuk mengawasi dan membimbing peserta didik.

 

“Kita membentuk tim khusus untuk mengawasi dan membimbing peserta didik. Kami juga akan mengadakan program membaca dan menulis secara berkelanjutan di sekolah ini. Kita akan mengaktifkan lagi Majalah Dinding (Mading) sekolah agar anak-anak sejak dini diberikan kesempatan untuk terus giat dalam membaca dan menulis,” katanya.

 

Lebih lanjut, terang Fransiska, pihak sekolah juga terus memperkenalkan seni dan budaya daerah setempat, seperti tarian bidu, likurai dan tenun kain adat Malaka kepada peserta didik guna mendukung pelestarian budaya. Hal itu, ujarnya, juga bermanfaat untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik melalui peningkatkan literasi budaya. Dengan itu, harapnya, SMA Negeri Alkani bisa menjadi sekolah model atau contoh literasi di wilayah tersebut.

 

Guna mendukung visi dan harapan tersebut, Fransiska sangat menekankan pentingnya kerja sama dan semangat kolaborasi di antara berbagai pihak. Para tenaga pendidik, tegasnya, harus bersikap optimis dalam meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekolah. Maka dari itu, pungkasnya, penanaman nilai kedisiplinan juga sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan semangat peserta didik dalam membaca dan menulis sebagai bagian dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

 

Untuk diketahui, SMA Negeri Alkani pernah mewakili Kabupaten Malaka di perlombaan paduan suara tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk itu, pihak sekolah selalu gencar melakukan pembenahan dan pengembangan minat dan bakat peserta didik. (Felix Natu/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments