Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

GENERASI MUDA MEMAKNAI HARI LAHIR PANCASILA


Oleh Thomas E. Kabu, S.Pd

Guru SMA PGRI Mnelalete, Kab. TTS

 

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Pada tanggal tersebut, Ir. Soekarno merumuskan filosofi dan nilai-nilai dasar kemanusiaan yang tertanam dalam kehidupan bangsa Indonesia.

 

Dengan berpedoman pada Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia, bangsa Indonesia mampu meninggalkan sekat-sekat perbedaan agama, kedudukan sosial, suku bangsa dan adat istiadat menjadi satu dalam semangat kebersamaan, menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, bisa menentukan nasib sendiri untuk mencapai cita-cita kemakmuran bersama.

 

Hari Lahir Pancasila perlu dimaknai secara khusus oleh masyarakat Indonesia. Sebab, momen ini merupakan peringatan bahwa para pahlawan berhasil menggali nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman bangsa Indonesia hingga sekarang ini. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya untuk dibaca ataupun didengar, tetapi perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Marilah kita sebagai generasi muda, motor penggerak perubahan bangsa Indonesia, patut kita memaknai Hari Lahir Pancasila yang bertepatan di hari ini, tanggal 1 Juni 2021. Tema Hari Lahir Pancasila tahun 2021 adalah “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”.

 

Sebagai generasi muda, kita harus mampu bertahan dan unggul dalam segala kondisi, salah satunya adalah kita harus mampu berkolaborasi dan satu dalam tindakan nyata demi mencapai cita-cita bangsa Indonesia. Tujuan utama berkolaborasi bukan hanya sekadar memenuhi kepentingan individu, melainkan membangun bangsa Indonesia dari segala aspek kehidupan.

 

Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada, dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua. Hari lahir Pancasila memiliki makna yang sangat sakral, karena Pancasila adalah alat pemersatu bangsa.

 

Pada kesempatan ini, saya mengajak sahabat-sahabat semua, sebangsa dan setanah air, marilah kita sebagai generasi penerus bangsa, bergandengan tangan, bahu-membahu dalam semangat jiwa Pancasilais untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita bangsa Indonesia menuju generasi emas 2045.

 

Selamat Hari Lahir Pancasila tahun 2021.

Saya Indonesia... Saya Pancasila!!

Post a Comment

0 Comments