Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMPK FRATER MAUMERE GELAR FESTIVAL LITERASI SE-DARATAN FLORES & LEMBATA



Sikka, CAKRAWALANTT.COM – SMPK Frater Maumere menggelar Festival Literasi Tingkat SD se-Daratan Flores & Lembata, Sabtu (10/4/2021) hingga Minggu (30/5/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi, olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari gerakan revolusi mental.

 

Demikian diungkapkan Ketua Panitia, Yoseph Fesal Kelen, S.Pd., dalam siaran pers yang diterima redaksi, Kamis (15/4/2021). Yoseph menjelaskan, kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah SMPK Frater Maumere, Para Wakil Kepala Sekolah, Guru, Pengurus OSIS, Peserta Didik SMPK Frater Maumere, Guru-guru serta peserta didik Kelas IV, V, dan VI SD se-daratan Flores & Lembata.


 

Dalam kegiatan ini, lanjut Yoseph, terdapat 8 cabang bidang lomba di antaranya Vokal Solo, Cipta Baca Puisi, Tik Tok, Mendongeng, Tari Tradisional, Modern Dance, Musik Tradisional dan Free Fire. Dari 8 cabang bidang lomba, peserta lomba paling banyak adalah bidang lomba Free Fire.

 

Kegiatan Festival Literasi ini di ikuti oleh 50 tim dari 20 SD se-daratan Flores & Lembata, yang terdiri dari SDK Santa Maria Ferari, SDK Santo Yoseph, SDK Maumere IV, SDI Wolomarang, SDK Ursula Ende, SDI Wairklau, SDI Misir, SDI Lewoleba 1, SDI Iligetang, SDK Bakhtiarsa, SDI Nita Kloang, SDN Natawulu, SDK Maget Baomekot, SDK Kebot, SDK Belang, SDK Gunung Egon, SDK Maumere 3, SDI Madawat, SDK 123 Detung, SDI Bolonga Bajawa. Total hadiah Festival Literasi ini sebesar Rp 30.000.000, bersumber dari swadaya SMPK Frater Maumere.

     

Menggerakkan Peserta Didik

 

Di mata Kepala SMPK Frater Maumere, Fr. Herman M. Yoseph, BHK, S.Pd., Festival Literasi ini merupakan upaya menggerakkan siswa untuk terus berkarya mengembangkan keterampilan berliterasi di tengah pandemi serta tetap membangun rasa persaudaraan. Semangat literasi ini, ungkapnya, sebagai motivasi dasar dalam meningkatkan kompetensi generasi emas agar peserta didik semakin bijak dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi digital.

 


“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para Kepala Sekolah Dasar sedaratan Flores-Lembata dan guru pendamping yang telah memberikan kesempatan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan Festival Literasi yang diselenggarakan oleh SMPK Frater Maumere,” ungkap Fr. Herman ketika membuka kegiatan tersebut, Sabtu (10/4/2021).

 

 

Penulis: Gabriela Dua Gleko

Foto: Dokumentasi SMPK Frater Maumere

Editor: R. Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments