Latest News

Thursday, 9 July 2020

SAMBUT TAHUN AJARAN BARU, SMPN 1 MOLLO UTARA GELAR WORKSHOP P4


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Guna meningkatkan kompetensi para guru dalam menyambut tahun ajaran baru 2020/2021, SMP Negeri 1 Mollo Utara menggelar Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran & Penilaian (P4). Kegiatan tersebut berlangsung di sekolah setempat selama tiga hari yakni dari Senin, (6/7/2020) hingga Rabu (8/7/2020).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Drs. Seperius Edison Sipa, M.Si., dan  diikuti oleh semua para guru di SMP Negeri 1 Mollo Utara sebanyak 26 orang. Hadir sebagai narasumber yakni, Korwas Dinas PK Kabupaten TTS, Yunus Missa, Pengawas Sekolah, Yos Saekoko, dan Ketua MKKS SMP/MTs, Edison Boimau.

Kepala SMP Negeri 1 Mollo Utara, Tau Nepa Silla, S.Pd., M.Pd., kepada media ini mengatakan bahwa untuk menyambut tahun  pelajaran baru yang akan segera berlangsung pada tanggal 13 juli 2020 mendatang maka sebagaimana setiap kali memasuki satu tahun pelajaran yang baru tentu guru mesti menyiapkan program perencanaan  pembelajaran dan penilaian (P4) untuk digunakan dalam kegiatan tatap muka atau kegiatan belajar dari rumah.

“Karena itu meskipun dunia sementara dilanda dengan pandemik covid-19 termasuk Indonesia dan lebih khusus di Kabupaten TTS tercinta ini, tapi kami di satuan pendidikan mesti tetap berupaya guna mewujudkan proses pembelajaran dan penilaian yang bermutu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait covid-19. Karena itu  kami sadar betul bahwa jikalau kita pengelola pendidikan lengah dalam mengelola pendidikan di masa sulit ini maka suatu ketika kita akan kehilangan masa depan satu generasi dimana ada generasi yang saat ini tiba waktunya kehilangan pengetahuan di titik ini, oleh karena itu dengan berbagai upaya dan melalui rencana kerja SMP Negeri 1 Mollo Utara kami laksanakan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Penilaian (P4) tahun pelajaran tahun 2020/2021,” jelasnya.  

Lebih lanjut Tau Nepa Silla menguraikan, kegiatan ini bertujuan untuk guru dapat mengidentifikasi setiap kompetensi minimal yang mesti dicapai dalam kegiatan pembelajaran dan merencanakan proses pembelajaran serta penilaian yang menuju pada kompetensi yang akan dicapai. Di dalamnya guru merevisi kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, RPP, KKM dan Penilaian yang di dalamnya termasuk juga  menyesuaikan dengan pelaksanaan pembelajaran di era new normal.

Dirinya berharap kiranya apa yang telah dimulai ini dapat berlangsung dengan baik di tahun pelajaran 2020/2021 ketika pelaksanaan KBM nanti. Pihaknya juga akan menyesuaikan segala kebijakan di sekolah dengan keputusan dari Bupati TTS terkait dengan pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan khususnya di jenjang SMP.

Korwas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Yunus Missa, dalam sambutannya ketika menutup kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada kepala sekolah beserta para guru yang telah memiliki komitmen yang sama dalam menyiapkan diri untuk menyambut tahun ajaran yang baru. Menurutnya, di TTS baru SMP Negeri 1 Mollo Utara yang melakukan kegiatan semacam ini. Ia berharap, semoga kegiatan ini menjadi contoh bagi sekolah yang lain agar dapat melakukan hal yang sama untuk menyiapakan diri dalam menghadapai proses pembelajaran di tahun pelajaran 2020/2021.

“Perangkat pembelajaran ini hanya sebagai alat pembelajaran bukan tujuan pembelajaran, untuk itu maka perangkat pembelajaran yang telah disusun ini harus mempunyai manfaat. Jika dengan kepiawaian kita sebagai guru mampu mengimplementasikan ketika melakukan proses KBM di kelas, maka perangkat pembelajaran ini dapat berarti dengan baik tentang apa yang menjadi tujuan pembelajaran kita,” ungkapnya. (Lenzho/red)


comments

No comments:

Post a comment