Latest News

Tuesday, 14 July 2020

MPLS DI SMP NEGERI 1 SOE DIBUKA LANGSUNG OLEH BUPATI TTS


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Pelaksanaan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik  baru di SMP Negeri 1 SoE, Kabupaten TTS dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati TTS, Egusem Phieter Tahun, Senin (13/7/2020). Dalam sambutannya, Bupati Tahun memberikan motivasi kepada para peserta didik baru yang ada untuk terus belajar dengan baik guna meraih cita-cita.

"Sekolah ini baik untuk anak-anak meniti pendidikan tapi anak-anak harus belajar dengan baik kalau mau sukses ke depan, karena hanya melalui pendidikan yang bisa mengubah nasib," ungkapnya. 

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi hingga bisa bertemu dengan peserta didik baru di SMP Negeri 1 SoE. Dirinya mengimbau agar pada tanggal 20 Juli mendatang setiap SKPD yang ada di Kabupaten TTS dapat melakukan upacara bendera dan hal yang sama harus dilakukan di semua sekolah, karena pelaksanaan proses  KBM pada tahun ajaran baru di TTS baru berjalan normal dan dilakukan secara tatap muka, karena selama ini proses pembelajaran hanya terlaksana di rumah karena covid-19.

Bupati Tahun juga mengingatkan agar semua pihak mematuhi protokol kesehatan yaitu jaga jarak, pakai masker dan selalu mencuci tangan, karena mencuci tangan dan perilaku hidup bersih ini bukan hanya karena covid saja tetapi jadikan itu sebagai kebiasaan. Di hadapan para peserta didik yang baru dengan para hadirin yang ada ia berpesan agar jangan takut berlebihan dalam menghadapi masa covid-19 ini, karena jika takut berlebihan maka imun tubuh akan berkurang dan gampang diserang penyakit.

Kepala Dinas PK Kabupaten TTS, Drs. Seperius Edison Sipa, M.Si, dalam penyampaian materi terkait kebijakan pendidikan di Kabupaten TTS memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pihak  SMP Negeri  1 SoE karena menurutnya SMP Negeri 1 SoE telah mengalami perubahan yang signifikan. Hal itu terlihat karena sekolah tersebut telah  melakukan Ujian Sekolah Berbasis Online, walaupun pelaksanaan kemarin hanya Ujian Sekolah tetapi semuanya itu berbasis online dan bahkan PPDB pada tahun ini juga secara online.

Lebih lanjut, Edison Sipa mengatakan bahwa untuk satuan pendidikan di Kabupaten TTS dibagi dalam tiga tahap yaitu tahap pertama untuk jenjang SMP yang dimulai pada hari ini yaitu dimulai dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hingga pada tanggal 18 mendatang, dan pada tanggal 20 juli nanti itu serentak kelas VII,VIII dan IX mulai melaksanakan KBM secara tatap muka di kelas. Sementara untuk jenjang SD akan melaksanakan KBM tatap muka di kelas pada bulan September, dan untuk PAUD pada bulan Januari 2021.

Sipa juga menegaskan agar selama MPLS berlangsung sekolah harus sudah mempersiapkan segala fasilitas untuk mendukung pelaksanaan KBM di sekolah, di lingkungan sekolah wajib menggunakan masker, semua orang yang masuk di lingkungn sekolah wajib memakai masker baik itu peserta didik, tenaga pendidik maupun orang tua/wali yang datang ke sekolah, jika ada yang tidak menggunakan masker tidak diperkenankan untuk masuk ke lingkungan sekolah.

Di hadapan para peserta didik baru dan para guru, Edison Sipa kembali menekankan bahwa jika ada orang tua yang tidak ingin anaknya belajar di sekolah di masa covid-19 ini para guru harus melayani para siswa yang mau belajar dari rumah. Ia  juga berharap agar dalam MPLS ini para guru dapat menanamkan budi pekerti pada peserta didik dengan baik.

Kepala SMP Negeri 1 SoE, Omarmi I. Liu, S.Pd., M.Si., kepada media ini menjelaskan bahwa jumlah peserta didik baru di sekolahnya sebanyak 333 orang. Kegiatan MPLS pada tahun ini sesuai dengan jadwal yang ada maka para peserta didik baru yang ada akan mengikuti MPLS selama 3 hari yang terhitung mulai hari ini, Senin (13 /7) hingga Rabu (15/7/2020).

Di hari pertama ini narasumber yang hadir membawakan materi yaitu Kepala Dinas PK, Ketua Komite, Pengawas Sekolah, untuk hari kedua dan hari ketiga akan dikembalikan pada panitia yang ada di sekoah.  Sementara pada hari Kamis akan dilakukan tes IQ bagi peserta didik yang ada, sementara pada hari Jumat akan dilakukan rapat bersama para orang tua murit dari kelas VII—IX namun dalam rapat tersebut juga akan dibagi per kelas agar menghindari kerumunan.

Mantan kepala SMP Negeri 3 SoE ini juga menjelaskan bahwa semenjak dirinya menjabat sebagai kepala di SMP Negeri 1 SoE ada dukungan dan kerja sama yang baik antara tenaga pendidik maupun tenaga kependidkikan yang ada serta dukungan dari ketua komite yang luar biasa sehingga kegiatan di sekolah yang dipimpinnya dapat berjalan dengan baik dalam proses KBM dan juga kegiatan lainnya. Ia juga menyampaikan terima kasih  kepada Bupati TTS, Kepala Dinas PK, Kepala Bidang SMP, Pengawas Sekolah, Ketua Komite, Para dewan guru, orang tua/wali siswa yang selalu memberikan dukungan dalam memajukan pendidikan di SMP Negeri  1 SoE. (Lenzho/red)

comments

No comments:

Post a comment