Latest News

Friday, 12 June 2020

PEDULI PENDIDIKAN DI DESA PILI, DOKTER OCTAVIA NUBAN BANGUN PAUD


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Kepedulian terhadap pendidikan di Desa Pili, Kecamatan Ki’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), menggerakkan hati drg. Octavia Seolbita Nuban, SKG., untuk membangun sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang diberi nama Via Dolorosa Tulun Tuan di daerah tersebut. Untuk mencapai maksud tersebut, Selasa (9/6/2020), drg. Octavia menggelar pertemuan bersama sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan pemerintah setempat yakni pengurus RT/RW, dan KAUR Pemerintahan Desa, Elfianus Tabun, mewakili Kepala Desa Pili yang berhalangan.

Kepada media ini, drg. Octavia, mengungkapkan, dirinya merasa prihatin terhadap anak-anak yang ada di kampung tersebut yang jauh tertinggal dibanding tempat lain. Salah satu hal yang dilihatnya adalah banyak anak di kampung tersebut yang sudah berusia 8 tahun ke atas belum tersentuh pendidikan, antara lain karena jarak tempuh untuk memperoleh pendidikan mencapai belasan kilo meter.

“Karena itu salah satu cara untuk menolong anak-anak di sini adalah menghadirkan sekolah PAUD di kampung ini karena ini adalah kampung saya sendiri. Sebagai langkah awal, dana dapat saya tanggulangi untuk adanya pendidikan di sini. Komunikasi dengan pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS serta pemerintah kecamatan terus dibangun karena untuk mengembangkan pendidikan di daerah ini tidak bisa oleh satu pihak saja tetapi dari berbagai pihak. Pemerintah desa dalam hal ini kepala desa setempat telah memberikan rekomendasi untuk mendirikan sekolah PAUD,” jelasnya.

Rinus Natonis, salah satu tokoh masyarakat yang hadir, menuturkan bahwa sebagai orang tua, dirinya mendukung hal-hal yang baik demi kemajuan pendidikan di kampung tersebut agar anak-anak tidak ketinggalan atau sekurang-kurangnya dapat membaca dan menulis atau dapat mengenal huruf dan angka. Dukungan yang sama diungkapkan Nolus, salah satu dari enam calon guru yang akan mengabdi pada PAUD Via Dolorosa Tulun Tuan. Ia mengaku siap membimbing dan menggembleng anak-anak jika dipercayakan orang tua kepada sekolah. (Albert Baunsele_Kontributor/red)



comments

No comments:

Post a comment