Latest News

Wednesday, 11 September 2019

MPC NTT SAMBANGI SMAK FRATERAN NDAO


Ende, CAKRAWALA.NTT – Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT menyambangi SMAK Frateran Ndao, Kabupaten Ende, Senin (10/9/2019) hingga Rabu (12/9/2019) dalam rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah yang digelar atas kerja sama MPC NTT dengan MKKS SMA Kabupaten Ende di wilayah Kabupaten Ende. Bertempat di Aula SMAK Frateran Ndao, kegiatan ini diikuti 55 guru dan 30 peserta didik.

Dalam sambutannya, Koordinator Pengawas Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Dra. Farah Aroebosman, menegaskan, guru harus aktif dan mampu mengatasi persoalan pembelajaran di sekolah. Para guru harus mampu meningkatkan profesionalismenya dalam berbagai cara termasuk dalam hal menulis.

“Kita tidak bisa berjalan di tempat. Harus ada terobosan kreatif baik secara pribadi maupun secara lembaga untuk meningkatkan profesionalisme kita sebagai guru. Ketika mendengar Cakrawala NTT hadir, saya langsung berkeyakinan jika itu adalah bentuk nyata gerakan literasi di NTT. Saya sudah mendengar banyak tentang sepak terjang media ini. Apalagi kegiatan ini direkomendasi langsung oleh Dinas Pendidikan Provinsi NTT. Oleh karena itu, para guru dan siswa peserta kegiatan ini agar terlibat aktif dan mau belajar bersama Cakrawala NTT dalam hal menulis,” tandas Farah.

Sementara itu Kepala SMAK Frateran Ndao, Fr. Wiliam Satel Sura, BHK, S.Pd., M.M., mengapresiasi kesediaan para pemateri untuk bisa berbagi ilmu bersama guru dan siswa SMAK Frateran Ndao. Langkah ini menurutnya adalah salah satu langkah positif untuk mengubah proses pembelajaran dalam kelas. Selain mengajar, guru juga dituntut untuk bisa menulis.

“Bisa menulis apabila memiliki ide yang lahir dari proses membaca. Ini semua adalah bentuk literasi. Berhenti membaca sama halnya kita berhenti mengajar,” tuturnya.

Pantauan media, kegiatan berlangsung lancar dan diikuti dengan antusias oleh peserta. Tidak hanya dibekali materi, peserta didampingi secara langsung untuk menghasilkan tulisan. Hadir sebagai narasumber yakni Pemimpin Umum MPC NTT, Gusty Rikarno, S.Fil., Formator MPC NTT Fidelis Sawu, S.Fil., dan Mustakim, S.Pd., M.M. (Yohanes Mariano Banggo)

comments

No comments:

Post a comment