Latest News

Monday, 19 August 2019

TUJUH PULUH SISWA SMA PGRI WAINGAPU IKUT BIMBINGAN TEKNIS LITERASI


Sumba Timur, CAKRAWALANTT.COM – Sebanyak tujuh puluh siswa SMA PGRI Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, mengikuti Bimbingan Teknis Literasi Baca-Tulis yang digelar di sekolah tersebut, Senin (19/8/2019). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut menghadirkan narasumber dari Media Pendidikan Cakrawala NTT yakni Nimrot Ndjukambani, S.Pd (Ketua MKKS SMA Kab. Sumba Timur, Koordinator/Formator Cakrawala NTT Wilayah Sumba) dan Robert Fahik, M.Si (Pemimpin Redaksi Cakrawala NTT).   

Dalam sambutannya ketika membuka kegiatan, Kepala SMA PGRI Waingapu, Rambu Mbangi Rawambaku, S.Pd., mengatakan, Bimbingan Teknis Literasi Baca-Tulis merupakan kegiatan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu peserta didik. Dalam kegiatan dimaksud, lanjutnya, peserta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan terkait literasi sehingga mampu menyalurkan bakat dan kreativitas yang dimiliknya terutama dalam membaca dan menulis.

“Tema HUT ke-74 RI berkaitan dengan pembangunan SDM unggul, salah satu jalan menuju arah itu adalah melalui literasi baca-tulis. Tidak bisa membaca, tidak bisa belajar secara baik, tidak mungkin Anda cerdas. Generasi emas Indonesia tahun 2045 bisa tercapai melalui literasi baca-tulis. Kegiatan ini jangan dianggap sepele, ini penting sekali. Hal ini sudah masuk kontrak kinerja kami dengan pemerintah provinsi dalam hal ini dinas pendidikan dan kebudayaan, untuk bagaimana meningkatkan prestasi peserta didik. Karena itu Anda yang terpilih harus ikuti proses ini dengan baik, sehingga bisa menjadi pelopor bagi tema-teman lain,” tegasnya.

Sementara itu dalam arahannya, Nimrot Ndjukambani, S.Pd., menuturkan, MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur sudah bekerja sama dengan Media Pendidikan Cakrawala NTT sejak tahun 2014 dalam kegiatan literasi baik bagi guru maupun bagi siswa. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan SDM unggul.

“Membangun SDM unggul, dasarnya adalah literasi khususnya literasi baca-tulis. Karena itu selaku Ketua MKKS, saya selalu mendorong sekolah-sekolah untuk melakukan kegiatan seperti ini. Di sisi yang lain, bagi para guru, kegiatan ini sangat membantu dalam proses menulis dan melakukan publikasi ilmiah sebagai bagian dari syarat kenaikan pangkat. Sementara bagi siswa apa yang didapat dari proses ini penting sebagai bekal di kemudian hari terutama dalam hal menulis. Media Pendidikan Cakrawala NTT sejauh ini sudah banyak memuat tulisan kita, baik guru maupun siswa,” tuturnya. (rf/red)   


comments

No comments:

Post a Comment