Latest News

Tuesday, 6 August 2019

DINAS P & K PROVINSI NTT GELAR LOMBA O2SN & FLS2N TINGKAT PROVINSI NTT


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Dalam rangka mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam membina dan mempersiapkan diri sebagai pribadi yang berprestasi pada bidang seni dan olahraga sejak usia dini, serta untuk mencari bibit terbaik yang akan mewakili NTT ke tingkat nasional, Dinas Pendidikan dan Provinsi (P dan K) NTT menggelar lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019 tingkat Provinsi NTT. Pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan di Alun-Alun Dinas P dan K Provinsi NTT, Senin (5/8/2019) sore.

Kepala Dinas P dan K Provinsi NTT, Benyamin Lola, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas P dan K Provinsi  NTT, Drs. Valentinus Balu, dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada para atlit yang telah memperoleh medali  emas.

“Kenapa mereka memperoleh medali yang banyak? Tentunya disiplin serta  latihan yang serius. Oleh karena itu adik-adik saya yang mengikuti lomba O2SN kalau memang tidak disiplin tidak mungkin juara, kalau tidak melakukan latihan secara serius  tidak mungkin juara. Ini merupakan suatu perjuangan sehingga meraih prestasi yang luar biasa. Oleh karena itu saya mengajak anak-anak  yang sekarang mengikuti  Lomba O2SN jenjang SMP, ikutilah dan disiplin serta tekun dalam latihan kalau tidak tekun latihan, maka  lomba ini akan dilaksanakan dengan sia-sia, berarti kita hanya bermental untuk lomba tetapi bukan bermental untuk meraih prestasi. Ini harapan kita semua karena yang tampil di sini adalah peserta yang mewakili Kabupaten/Kota. Oleh karena itu berikanlah yang terbaik,” tegasnya.

Lebih lanjut, Valentinus Balu, menjelaskan, Lomba O2SN dan FLS2N merupakan kegiatan rutinitas, oleh karena itu setiap tahun wajib dilakukan persiapan-persiapan dengan melibatkan berbagai pihak. Hal ini penting mengingat peserta terbaik akan mewakili NTT ke tingkat nasional.

“Kegiatan O2SN dan FLS2N  dilaksanakan di jenjang SD maupun SMP dari tingkat pusat, propinsi dan tingkat kabupaten, oleh karena itu kami di Dinas Pendidikan Provinsi   menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini dan telah bekerja sama dengan LPMP Provinsi NTT. Kami menghimbau kepada segenap peserta lomba, wasit, tim juri untuk tetap menjaga dan memelihara situasi keamanan, ketertiban demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini, tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan dan rasa persaudaraan. Persatuan sesama kontingen hendaknya dipelihara dengan baik dengan mengedepankan semangat sportifitas dan rasa solidaritas yang tinggi,” harapnya.

Sementara itu dalam laporan kepanitiaan, Kasie Kesiswaan Bidang PKLK, Yanuarius  Laka, menuturkan beberapa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut. Pertama, mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga dan seni. Kedua, membina dan mempersiapkan siswa berprestasi pada bidang seni dan olahraga sejak usia dini. Ketiga, mengembangkan jiwa sportifitas, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab serta memiliki budi pekerti luhur. Keempat, mengembangkan budaya hidup sehat, gemar olehraga dan melestarikan budaya bangsa. Kelima, menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik dari SD dan SMP yang berasal dari berbagai daerah.

“Hasil yang diharapkan yakni pertama, terciptanya suasana kompetitif yang sehat antar siswa, antar sekolah dan antar Kab./Kota di bidang olahraga dan kesenian. Kedua, mengembangkan penguatan pendidikan karakter di bidang olahraga, seni budaya melalui kreatifitas siswa. Ketiga, terwujudnya rasa cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. Keempat, terwujudnya sikap toleransi dan cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. Kelima, terwujudnya rasa kebhinekaan yang semakin kuat,” jelasnya.

Kegiatan O2SN dan FLS2N tingkat Provinsi NTT dilaksanakan di Kota Kupang dengan rincian tempat, pertama untuk O2SN cabang atletik SD dan SMP putra–Putri di Stadion Oepoi Kupang, untuk cabang senam artistik putra–putri di Taman Budaya Gerson Poyk,  untuk cabang renang di kolam renang Wira Sakti Kupang, cabang bulu tangkis di Gedung Pemuda Kuanino, cabang pencak silat di Aula Benboi, untuk cabang karate di SKO Flobamora Kupang.

Sementara itu rincian tempat FLS2N SD dan SMP, untuk lomba menyanyi tunggal dan seni tari SD di Hotel Silvia Kupang, lomba pantomim SD di SMA Negeri 3 Kupang, lomba gambar bercerita SD di SKO Flobamora Kupang, lomba tari  di SKO Flobamora Kupang, festival kreatifitas tari SMP dan kreatifitas musik  tradisional SMP,  menyanyi solo SMP di Hotel Silvia, lomba gitar duet SMP di SMA Negeri3 Kupang, dan lomba desain poster SMP di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari yang dimulai pada tanggal  (5/8) hingga (8/8/2019). Peserta lomba yang diundang berasal dari 22 Kab./Kota. Namun peserta yang hadir hanya dari 18 Kabupaten/Kota, minus 3 kabupaten yaitu Malaka, Ende dan Manggarai Timur. Total peserta O2SN 405 orang, dan peserta FLS2N sebanyak 123 orang. Adapun biaya pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari DPA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT dan APBD dari masing–masing Kab./Kota. (Lenzho/rf/red)

comments

No comments:

Post a Comment