Latest News

Wednesday, 17 July 2019

GANDENG MPC NTT, SMAK BALERIWU BEKALI SISWA HADAPI ERA DIGITAL


Nagekeo, CAKRAWALANTT.COM – Menggandeng Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, SMAK Baleriwu, Kabupaten Nagekeo, bertekad membekali peserta didiknya dalam menghadapi era digital. Komitmen ini dilakukan dengan menggelar bimbingan teknik literasi bagi siswa yang sudah berjalan selama beberapa tahun terakhir. Pihak sekolah menyadari bahwa dalam membentuk peserta didik, perlu dilibatkan berbagai pihak termasuk media.

Hal ini disampaikan Kepala SMAK Baleriwu, Luis. L. Gaka, S.Pd., ketika membuka kegiatan Bimbingan Teknis Literasi bagi Siswa di sekolah tersebut, Rabu (17/7/2019). Menurutnya, era digital merupakan era yang tak mungkin dihindari oleh peserta didik, bahkan tanpa disadari peserta didik pun sudah menjadi pelaku, dan tak jarang menjadi korban dari dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian pesat. Karena itu, tegasnya, sebagai lembaga pendidikan, sekolah perlu mempersiapkan peserta didik secara matang agar mampu menghadapi era digital secara bijak, dengan melibatkan berbagai pihak.

“Ada filosofi di kampung bahwa satu orang bisa mengurus ratusan ekor ternak, namun mengurus manusia tidak bisa seperti itu. Sekolah tidak bisa mengandalkan diri sendiri. Karena itu sudah beberapa tahun ini sekolah bekerja sama dengan media Cakrawala NTT untuk mengadakan kegiatan literasi minimal setiap tahun. Tujuannya adalah membekali siswa menuju masa depannya. Kepada peserta, syukuri bahwa dari sekian ratus siswa, Anda yang terpilih. Ikuti kegiatan ini secara baik, karena tujuannya positif yakni agar siswa punya kompetensi di era modern,” jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari diikuti 30 peserta didik kelas X dan XI, didampingi Pembina OSIS, Ludolfus Seda, S.Pd., serta dua orang guru, Petronela Nean, S.Pd., dan Aprimadona S. Saebessi, S.Pd. Selama kegiatan, peserta dibimbing oleh tim narasumber MPC NTT, Robert Fahik, M.Si (pemimpin redaksi) dan Pius Firminus (wartawan) untuk mendalami beberapa jenis tulisan kreatif dan karya jurnalistik. (rf/primus/red)




comments

No comments:

Post a Comment