Latest News

Monday, 23 July 2018

SMAN 2 Cibal Menyelenggarakan Workshop Penulisan Karya Ilmiah

Manggarai, CakrawalaNTT.com - SMA Negeri 2 Cibal menerima kehadiran tim Jurnalis Media Pendidikan Cakrawala NTT dalam rangka membangun kerjasama Gerakan Literasi Pendidikan di SMA Negeri 2 Cibal, Senin (23/7/2018). Kegiatan ini didasari oleh kesadaran untuk meningkatkan kreativitas menulis dan membaca di kalangan guru dan peserta didik. Kegiatan ini didesain dalam bentuk workshop penulisan karya ilmiah.

Kepala SMA Negeri 2 Cibal, Yustus Berahi, S.Ag. mengungkapkan, kegiatan ini berjalan sesuai kompetensi manajerial kepala sekolah  dalam proses pendidikan di SMA Negeri 2 Cibal. 

“Di mata masyarakat, guru adalah segala-galanya. Dalam konteks lembaga ini, aktivitas baca banyak merupakan dasar pengembangan kompetensi profesional kepala sekolah dan guru yang berdampak pada mutu satuan pendidikan di SMA Negeri 2 Cibal. Kegiatan ini merupakan moment tepat bagi para guru untuk mengakarkan gerakan literasi sekolah. Saya mau, guru harus menjadi contoh dan bentuk nyata gerakan ini. Terima kasih banyak kepada tim Media Pendidikan Cakrawala yang berkenan hadir untuk bersama kami dalam satu mimpi bersama yakni menyambut generasi emas NTT 2050 dengan membangun budaya literasi,ungkap alumni STKIP Ruteng ini.

Pimpinan Umum Media Pendidikan Cakrawala NTT, Gusty Rikarno, S.Fil. dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan literasi membaca dan menulis bukan hal baru. Tentang pengetahuan menulis dapat dipastikan bahwa para guru mengenalnya dengan baik namun belum banyak yang terampil menulis. 

“Di kalangan bapak/ibu guru terbagi dalam dua golongan. Pertama, 20% guru sudah pernah atau mulai menulis namun masih tersimpan saja karena kebinggungan menemukan media untuk mempublikasikannya. Kedua, ada 80%  guru yang memiliki kerinduan untuk menulis tetapi kesulitan menemukan lembaga atau orang yang mendampingi. Atas dasar fakta ini maka hari ini Cakrawala hadir,kata Gusty. 

Kegiatan workshop ini diselenggarakan atas kerjasama Dinas Pendidikan UPT wilayah VII, Media Pendidikan Cakrawala NTT dan SMAN 2 Cibal. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, Senin (23/7) hingga Rabu (25/7), dihadiri puluhan guru SMAN 2 Cibal dan beberapa guru dari jenjang SD/SMP dalam lingkup Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai. (Celo Teho/rz)






comments

No comments:

Post a Comment