Latest News

Saturday, 24 March 2018

SLB Asuhan Kasih Kupang Unjuk Kebolehan dalam Pentas Seni



Kota Kupang, Cakrawalantt.com Bertempat di halaman sekolahnya, para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Asuhan Kasih Kupang unjuk bakat dan kemampuan mereka dalam bidang seni Jumat (23/3/2018). Kegiatan yang ditampilkan dalam pentas seni (Pensi) ini adalah seni tari, seni suara, fashion show, pantomim, puisi, serta pameran hasil kerja siswa.

Ketua panitia Pensi,  Yuliana M. Kono, S.Pd, mengatakan, tujuan kegiatan pentas seni ini adalah untuk menindaklanjuti program pemerintah dalam hal ini Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus untuk meningkatkan rasa kecintaan siswa dalam melestarikan kebudayaan, menyalurkan bakat dan minat siswa terhadap seni dan kebudayaan serta mempererat hubungan di antara siswa dan lingkungan.

Amini, S.PdI., Kepala Sekolah SLB Asuhan Kasih Kupang, mengatakan, meski secara fisik atau mental para siswa SLB memiliki kekurangan, namun mereka juga mempunyai kemampuan dalam berbagai bidang sehingga mempunyai harapan untuk hidup secara baik.
“Walaupun kami mendidik anak-anak yang berkekurangan atau punya keterbatasan secara fisik maupun mental tetapi kami mempunyai tekad bahwa anak-anak penyandang disabilitas itu mempunyai harapan yang sama untuk memenuhi kebutuhan diri mereka, orang tua, keluarga dan masyarakat pada umumnya,” tutur Amini.

Selain itu, Pensi ini, lanjut Amini, bertujuan untuk mengenalkan sekolah luar biasa (SLB) pada khalayak.

“Oleh sebab itu marilah kita dukung anak-anak kita yang berkebutuhan khusus ini karena anak-anak ini bukan untuk dikasihani tetapi diberikan semangat, dukungan dan dorongan agar mereka mampu berbuat banyak sesuai dengan potensi yang mereka miliki,” lanjut Amini.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, dalam sambutannya membuka kegiatan pentas seni yang dibacakan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Provinsi NTT, Drs. Mikhael Fernandes, memberikan  apresiasi yang tinggi bagi para guru, orang tua dan anak-anak SLB Asuhan Kasih Kupang yang menyelenggarakan kegiatan pentas seni ini.

“Seni adalah salah satu media membentuk karakter bangsa. Negara telah memberikan jaminan perlakuan yang sama kepada semua peserta didik termasuk anak-anak penyandang disabilitas tujuannya adalah agar mereka memiliki kemampuan yang cukup untuk pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan dan karakter,” demikian Frans Lebu Raya.

Pentas seni juga, lanjut Frans, menjadi wadah untuk mengangkat dan menampilkan aneka ragam kekayaan budaya yang ada di NTT. Karena itu ia mengapresiasi dan mendorong guru-guru di SLB Asuhan Kasih untuk terus berkarya dengan penuh dedikasi agar segala potensi siswa SLB dapat dikembangkan sampai maksimal.

Kegiatan Pensi ini mendapat dukungan dari PT. Garuda Cabang Kupang, JNE, LKC (Lembaga Kesehatan Cuma-cuma) dan Dealer Yamaha.

Kaya Prestasi
Sebelum mengadakan Pensi ini, SLB Asuhan Kasih Kupang sudah mencetak berbagai prestasi membanggakan. Salah satunya, yaitu pada tahun 2017 yang lalu para siswa-siswi SLB Asuhan Kasih Kupang menjadi juara 1 kejuaraan futsal tingkat dunia yang diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat.

Prestasi membanggakan juga dicetak para gurunya. Sebagai contoh, pada UKG tingkat Propinsi NTT yang lalu dua guru SLB Asuhan Kasih Kupang menghuni posisi 3 besar. Sedangkan Kepala Sekolah SLB Asuhan Kasih Kota Kupang ketika mengikuti Ajang Prestasi Kepala Sekolah tingkat Nasional berhasil mendapat juara 1.

Saat ini ada 227 orang siswa berkebutuhan khusus yang menjalani pendidikan di SLB Asuhan Kasih Kupang, 45 diantaranya tinggal di panti asuhan yang ada dalam kompleks sekolah ini. (Lenzo)

comments

No comments:

Post a Comment