Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Titu Eki: PAUD Demi Perbaikan Kualitas SDM Kab. Kupang

Kupang, Cakrawala NTT

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia diniUntuk mencapai perubahan, menuntut kita komunitas untuk kompak dan solid berperan dalam memajukan kualitas hidup masyarakat lewat pengembangan PAUD berintegritas dan berkualitas, disampaikan Menurut Direktur Jenderal PAUD Haris Iskandar disaat sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun pra SD,15/3/2017 di Aula Kantor Bupati Kupang. Kegiatan yang diselenggarakan kerjasama Pemkab Kupang dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat.
Kegiatan dihadiri langsung oleh Bupati Kupang Ayub Titu Eki, Ketua TP PKK Kab. Kupang Christina Titu Eki, Kabid Pengembangan Unicef hiroyuki Hatori, Direktur Pembinaan PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Paud Ny. Ella dan para Camat Sekabupaten Kupang.
          Haris Iskandar sambutannya mengapresiasi sikap Bupati Kupang Ayub Titu Eki yang begitu bersemangat dan responsif dalam menerima program pengembangan Paud holistik integratif sehingga program ini dapat berjalan di Kabupaten Kupang. Sikap seperti ini menurutnya sangat penting dalam rangka mendukung peningkatan kualitas sdm di Kabupaten Kupang yang lebih handal dan berkualitas dimulai dari Pendidikan anak usia dini. Ditambahkan Haris tantangan akselerasi perkembangan teknologi merupakan realita nyata yang perlu diperhatikan oleh segenap elemen baik pemerintah maupun masyarakat. Kecenderungan yang tergantung dengan ilmu teknologi seperti gadget semakin mewabah dan jika tidak difungsikan secara baik dapat menyerang generasi kita dan memberikan dampak buruk.
Menurutnya PAUD harus menjadi investasi berharga bagi negara dalam mendukung pembentukan SDM yang berkarakter kuat, berkualitas, handal dan siap memasuki persaingan abad ini. Peran lingkungan sendiri menurutnya sangat penting dalam perkembangan mental dan karakter anak karena lingkungan menentukan kualitas hidup anak yang menjadi tanggung jawab orang tua, guru maupun pemerintah itu sendiri.
          Senada dengan Dirjen Hari Iskandar, Bupati Kupang Ayub Titu Eki menegaskan bahwa pembangunan sdm yang berkualitas tidak dapat dilakukan seorang diri, perlu kolaborasi dan dukungan dari semua pihak diantaranya pemerintah, pihak sekolah, komite dan orang tua untuk mensukseskan pendidikan PAUD demi perbaikan kualitas SDM di Kabupaten Kupang. Menurutnya pengembangan sdm melalui pendidikan paud merupakan sebuah loncatan agar kita dapat keluar dari keterbelakangan. Titu Eki menilai PAUD harus menjadi model yang mempengaruhi masyarakat bahwa pendidikan ini berkualitas, bukan sebuah institusi biasa semata. Paud dapat dilihat sebagai sebuah program yang berkualitas dimana anak-anak yang dididik telah menerima pola pendidikan yang baik dan berkualitas.
         
Ditambahkan Bupati Kupang 2 periode tersebut dirinya akan mengeluarkan Perbup yang intinya menggerakan para camat, kades untuk terlibat dan ambil bagian dalam mendukung pengembangan Paud berintegritas, sehingga paud ini tidak hanya menjadi program semata tapi memberikan nilai-nilai perubahan kualitas sdm ke arah yang lebih baik. Dirinya berharap paud menjadi lembaga yang dibina dan ditingkatkan kualitasnya terus menerus dan menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Paud karena dianggap sukses mendidik anak-anak usia dini baik dari segi intelektual pengetahuan, mental dan karakternya sehingga mempersiapkan generasi bangsa yang lebih baik. di akhir sambutannya Bupati Ayub mengucapkan limpah terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan pemerintah pusat melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat dalam mensukseskan PAUD di Kabupaten Kupang dan diharapkan dapat menjadi model paud di Indonesia.

          Direktur Pembinaan PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Paud Ny. Ella dalam laporannya kegiatan dilakukan untuk pengembangan PAUD, pelatihan impelentasi kurikulum tahun 2013 dan pelatihan penulisan modul yang dilatih oleh tim dari jakarta maupun pamong dari kupang sesuai kebermanfaatan bagi anak-anak Kabupaten Kupang serta penandatanganan Komitmen Camat untuk mensukseskan PAUD Minimal satu tahun Pra-SD. Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini mencakup guru-guru PAUD maupun pihak yang terlibat dalam pengembangan pendidikan PAUD ini. (SB&YL)

Post a Comment

0 Comments