Latest News

Tuesday, 22 November 2016

SDK Rana Loba Juarai LMP Tingkat Kecamatan Borong

Penyerahan hadiah kepada para siswa/i yang meraih Juara

Borong, Cakrawala NTT

Sebanyak 12 Gugus Sekolah Dasar dengan jumlah peserta sebanyak 48 tingkat UPTD Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur mengikuti lomba mata pelajaran (LMP) yang dilaksanakan pada Kamis, (17/10/16). Kegiatan yang berlangsung di SDK Bugis ini bertema, “Jadilah Yang Terbaik, Junjung Tinggi Sportifitas dan dihadiri langsung oleh kepala UPTD Kecamatan Borong, Matias Mingga. Hadir pula Bruno Ismail selaku manejer BOS Kabupaten Manggarai Timur serta para kepala sekolah yang mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Matias Mingga menjelaskan bahwa sebenarnya LMP yang dilaksanakan tersebut memiliki dua tujuan yang ingin diraih. Pertama, LMP bertujuan untuk melakukan pemetaan tentang mutu pendidikan dan mutu proses pembelajaran yang dilakukan di setiap Sekolah Dasar tingkat UPTD Kecamatan Borong. Kedua, dengan adanya lomba ini diharapakan timbul semangat kompetitif dari semua sekolah tingkat SD yang ada di wilayah UPTD Kecamatan Borong. Dalam hal ini diharapkan agar mereka lebih mengutamakan prestasi akademiknya dan diharapakan agar anak-anak yang menjuarai perlombahan ini dapat mempersiapkan diri secara baik ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan adanya lomba ini kami dapat mengkur seperti apa tingkat kemampuan setiap SD tingkat UPTD Kecamatan Borong. Terbukti kemarin, hasil lomba tersebut sudah menunjukan penyebaran siswa/i yang memperoleh nilai terbaik atau yang mendapatkan juara dari setiap gugus. Ini artinya tujuan yang sering kami sampaikan pada sat ini agak sedikit terjawab,” tutur Mingga.

Ia kemudian berkata, Hal yang paling penting sebenarnya adalah untuk melihat seperti apa daya saing sekolah terutama dalam persaingan akademik. Sebenarnya lomba ini adalah tindak lanjut dari permintaan masyarakat agar bisa dilakukan kegiatan-kegiatan lomba akademik seperti pada tahun-tahun sebelumnya. UPTD Kecamatan Borong dalam rencananya akan selalu mengadakan lomba dan ini menjadi agenda rutin UPTD Kec. Borong.”

Sementara itu, dalam LMP tersebut, juara I mata pelajaran Bahasa Indonesia diraih Gugus Mbong Pawo, juara II diraih Gugus Rana Loba, dan juara III diraih Gugus Jawang. Untuk Mata pelajaran Matematika, yang mendapatkan Juara I ialah Gugus Rehes, Juara II diraih Gugus Rana Loba, dan juara III diraih Gugus Sok. Kemudian mata pelajaran IPA; Juara I diraih Gugus Rana Loba, juara II diraih Gugus Rehes, juara III diraih gugus Bugis. Sementara itu untuk mata pelajaran IPS; Juara I diraih oleh Gugus Sok, juara II diraih oleh Gugus Rehes, dan juara III diraih oleh Gugus Rana Loba.

Lebih lanjut, Gugus yang berhak menjadi juara umum dalam perlombaan tersebut adalah Gugus yang memperoleh juara paling banyak dari 4 mata pelajaran yang dilombakan. Merujuk pada hal tersebut, Gugus Rana Loba terpilih sebagai juara umum LMP tersebut sebab Gugus ini berhasil memenangkan empat mata lomba, yakni juara II Bahasa Indonesia, juara II Matematika, juara I IPA, dan juara III IPS. (Mulia Donan)
comments

No comments:

Post a Comment