Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMP Negeri 3 Aesesa Gelar Workshop Literasi bagi Guru dan Peserta Didik

 

Perwakilan Yayasan Rumah Literasi Cakrawala saat memberikan arahan kepada peserta kegiatan workshop literasi di SMP Negeri 3 Aesesa. Tampak Kepala SMP Negeri 3 Aesesa turut mendampingi.


Nagekeo, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Aesesa, Kabupaten Nagekeo, menggelar kegiatan Workshop Literasi bagi Guru dan Peserta Didik selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (30/10-1/1/2023), di sekolah setempat. Kegiatan tersebut didukung oleh Yayasan Rumah Literasi Cakrawala serta dibuka secara resmi oleh Kepala SMP Negeri 3 Aesesa, Anisius Panda Dora, Senin (30/10/2023).

 

Dalam sambutannya, Anisius mengatakan, workshop literasi tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan dan menguatkan semangat literasi di kalangan guru dan peserta didik.

 

“Literasi merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan. Untuk itu, para guru dan peserta didik harus mampu menguatkan literasi. Kegiatan workshop ini juga adalah bagian dari gerakan literasi sekolah,” ujarnya.


Kepala SMP Negeri 3 Aesesa (kanan) saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan workshop literasi.

Anisius mengungkapkan, paradigma pendidikan saat ini berorientasi pada pengembangan potensi para peserta didik. Para peserta didik, terangnya, harus mampu mewujudkan profil pelajar Pancasila, salah satunya melalui pengembangan budaya literasi.

 

Ia berharap, melalui kegiatan tersebut, para guru dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya dengan baik. Sedangkan, para peserta didik, sambungnya, dapat mengembangkan kreativitasnya dengan lebih optimal.

 

“Semoga Bapak dan Ibu bisa mengambil kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme melalui kegiatan ini, serta para peserta didik bisa menjadi lebih kreatif dengan belajar menghasilkan karya tulis dan sebagainya,” tukasnya.



Sementara itu, Perwakilan Yayasan Rumah Literasi Cakrawala, Mustakim, dalam arahannya, memberikan apresiasi kepada pihak SMP Negeri 3 Aesesa yang telah memberikan kesempatan bagi Yayasan Rumah Literasi Cakrawala untuk berpartisipasi dan mendukung penyelenggaraan kegiatan workshop literasi tersebut.

 

“Terima kasih atas kesempatan ini. Semoga kita bisa sama-sama berproses dan belajar. Ini merupakan upaya untuk mendukung penguatan budaya literasi di lingkungan sekolah,” ungkapnya.

 

Mustakim menambahkan, kegiatan workshop literasi harus berorientasi pada proses kreatif dan produk tulisan yang berkualitas. Selain itu, dengan proses dan produk yang berkualitas, tuturnya, para guru dan peserta didik bisa terus menanamkan budaya literasi sebagai bagian penting dalam proses pendidikan.



Untuk diketahui, seusai seremonial pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan pendampingan menulis bersama para Narasumber dari Yayasan Rumah Literasi Cakrawala. Kemudian, para guru dan peserta didik dibagi ke dalam kelas yang berbeda dengan materi workshopnya masing-masing. Pada kesempatan tersebut, terdapat 60 peserta didik dan 30 guru yang berpartisipasi sebagai peserta kegiatan. (MDj/red)


Post a Comment

1 Comments