Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Gandeng OJK Provinsi NTT, FEB Unwira Gelar Pembekalan KKN bagi Mahasiswa

Pose bersama.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kelompok mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) mengikuti kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 2 hari, yakni Senin-Selasa (8-9/7/2024). Pembekalan tersebut berlangsung di Aula St. Paulus, Gedung Rektorat, Kampus Penfui, serta mengusung tema “Peningkatan Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Melalui Literasi Keuangan”.

 

Kegiatan pembekalan tersebut melibatkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai Narasumber Training of Trainers (ToT) bagi mahasiswa terkait literasi dan inklusi keuangan serta kewaspadaan terhadap investasi ilegal dan pinjaman online ilegal.


Baca juga: Rektor UNWIRA Lantik Guru Profesional Periode I Tahun 2024

 

Kepala Sub-Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Perlindungan Konsumen, dan Layanan Manajemen Strategis OJK Provinsi NTT, Donna Bella Permata Rissi, menyampaikan beberapa hal terkait OJK dan literasi keuangan.

 

“OJK itu melaksanakan peraturan dan pengawasan terhadap seluruh sektor, baik di perbankan maupun pasar modal,” ujarnya.



Lebih lanjut, ia mengatakan, literasi keuangan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan, sedangkan, inklusi keuangan adalah dampak dari literasi keuangan yang berfokus pada pemanfaatan dan penggunaan layanan keuangan yang mempengaruhi sikap dalam mengelola keuangan.

 

Sementara itu, Dekan FEB Unwira, Dr. M. E. Perseveranda, M.Si., menerangkan, tujuan KKN tersebut adalah untuk memberikan solusi bagi masyarakat melalui keterlibatan mahasiswa. Ia menekankan pentingnya pembekalan bagi mahasiswa guna menambah amunisi pengetahuan sehingga dapat memberikan solusi yang tepat bagi masyarakat.


Baca juga: Perkuat Ikatan Alumni, UNWIRA Gelar Alumni Gathering

 

“Pembekalan ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh masyarakat, sehingga persoalan pengelolaan keuangan dapat diatasi dengan baik,” ungkapnya.

 

Untuk diketahui, sebanyak 143 mahasiswa FEB Unwira akan melaksanakan KKN di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) pada 10 Juli hingga 10 Agustus 2024. Mereka akan terbagi ke dalam beberapa desa, yakni Desa Tupa, Desa Boentuka, Desa Benlutu, Desa Biloto, Desa Noinbila, Desa Mnelalete, Desa Supul, dan Desa Kesetnana. (Aleong Werang/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments