Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMPN 4 Fatuleu Berkomitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan

Para peserta didik SMPN 4 Fatuleu berpose bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang dan Tim Yayasan Rumah Literasi Cakrawala.

 

Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Fatuleu, Kabupaten Kupang, berkomitmen untuk mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan. Hal itu ditandai dengan penandantanganan komitmen peningkatan mutu pendidikan di sela-sela kegiatan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi dan Seni Pertunjukan bagi Peserta didik” bersama Yayasan Rumah Literasi Cakrawala, Rabu (18/4/2024).

 

Penandatanganan komitmen tersebut turut diikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Eliazer Teuf, Kepala SMPN 4 Fatuleu, Johanes Ludji Leo, beserta para guru dan peserta didik.  

 

Kepada media ini, Kepala SMPN 4 Fatuleu, Johanes Ludji Leo, mengatakan bahwa komitmen peningkatan mutu pendidikan tersebut menyasar para peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan. Semuanya, terang Johanes, harus berpartisipasi aktif dalam membenahi seluruh masukan (input), proses, dan luaran (output) pendidikan di SMPN 4 Fatuleu.

 

“Kita sudah teken komitmen tersebut, sehingga ke depan, para peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan harus berpartisipasi aktif, sebab ini merupakan gerakan bersama,” ujarnya.

 

Johanes menerangkan, dalam praktiknya, setiap peserta didik akan didorong untuk mengembangkan potensi dirinya melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Sedangkan, guru, sambungnya, dituntut untuk mengembangkan strategi dan metode pembelajaran yang berpusat atau berorientasi pada peserta didik.


Kepala SMPN 4 Fatuleu, Johanes Ludji Leo.

“Anak-anak akan diarahkan untuk dapat memaksimalkan pengembangan diri. Sedangkan, guru harus meningkatkan kompetensinya. Saya berharap mereka dapat mengakses Platform Merdeka Mengajar (PMM) guna mempelajari dan mendalami berbagai startegi pembelajaran yang tepat,” tambahnya.

 

Semua itu, lanjut Johanes, diharapkan dapat mewujudkan output SMPN 4 Fatuleu yang berkualitas serta mengubah pencapaian rapor pendidikan menjadi hijau. Hal tersebut, ujarnya, dapat berimbas pada peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik.

 

Di sisi senada, Johanis juga mengapresiasi dukungan Yayasan Rumah Literasi Cakrawala dalam menguatkan aspek literasi di kalangan peserta didik. Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang yang selalu memberikan ruang dan masukan. Dukungan dan masukan tersebut, ungkap Johanis, sangat bemanfaat bagi pembiasaan dan pengembangan literasi di SMPN 4 Fatuleu.

 

“Terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Yayasan Rumah Literasi Cakrawala serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang. Semua itu sangat berguna bagi kami,” pungkasnya. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments