Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Ferderik Mira Tade: Peningkatan Mutu Pendidikan Butuh Kerja Kolaborasi

 

Kepala SMPN 5 Kota Kupang, Ferderik Mira Tade.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kota Kupang, Ferderik Mira Tade, mengungkapkan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan membutuhkan kerja kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan orang tua/masyarakat. Kerja kolaborasi, menurutnya, merupakan hal utama yang harus diimplementasikan demi kemajuan dunia pendidikan.

 

“Upaya peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan secara bersama-sama dengan kerja kolaborasi. Pemerintah, sekolah, dan orang tua atau masyarakat harus bekerja sama dan saling mendukung. Itu penting sekali demi memajukan pendidikan kita,” jelas Ferderik ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/1/2024).

 

Ia mengatakan, sesuai data rapor pendidikan SMPN 5 Kota Kupang, aspek literasi dan numerasi masih membutuhkan pengembangan dan penguatan.

 

“Aspek literasi dan numerasi masih harus dikembangkan dan dikuatkan lagi. Kami juga akan lebih konsen untuk meningkatkan aspek numerasi, sebab sesuai data rapor pendidikan, numerasi kami masih rendah,” terang Ferderik.

 

Guna mendukung pengembangan dan penguatan literasi dan numerasi, tambah Ferderik, perlu dilakukan penguatan kapasitas guru, baik dari segi kompetensi maupun profesionalisme, sehingga pembelajaran menjadi lebih terarah dan berkualitas.

 

Ferderik menambahkan, pada tahun 2024, pihaknya akan menggelar program penguatan kompetensi guru dan workshop pembelajaran, serta memaksimalkan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) di kalangan guru.

 

“Kami akan fokus menguatkan kompetensi guru dengan menggelar berbagai program menyangkut pembelajaran dan sebagainya. Kami juga mendorong para guru untuk memanfaatkan PMM, sebab di situ ada wadah belajar dan berbagi praktik baik,” ungkapnya.



Perlu Dukungan Orang Tua dan Pemerintah

 

Lebih lanjut, terang Ferderik, dukungan orang tua dan pemerintah juga dibutuhkan untuk mendukung upaya-upaya yang telah atau akan dilakukan oleh pihak sekolah. Orang tua, jelasnya, harus mengawasi aktivitas belajar anak di rumah. Sedangkan, pemerintah, sambung Ferderik, perlu membantu pembangunan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran.

 

“Orang tua dan pemerintan harus terlibat aktif. Orang tua berperan untuk mengawasi proses dan aktivitas belajar peserta didik di lingkungan rumah atau keluarga. Di sisi senada, pemerintah juga perlu membantu pembangunan infrastruktur dan penyediaan sarana/prasarana pembelajaran,” tukasnya.

 

Ferderik berharap, kerja kolaborasi dapat diimplementasikan secara baik guna mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments