Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SD Negeri Payola Umbu Gelar Study Tour Mengenal Alat Transportasi bagi Peserta Didik

 

Pose bersama.


Sumba Barat Daya, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Dasar (SD) Negeri Payola Umbu, Kabupaten Sumba Barat Daya, menggelar kegiatan study tour bagi peserta didik kelas V dan VI dengan tema Modernisasi dalam Bidang Transportasi Udara, Kamis (9/11/2023).

 

Kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari para guru wali kelas V dan VI yang ingin melibatkan peserta didik secara langsung untuk mengenal alat transportasi.

 

Menurut Maria Blandina Atu, wali kelas VI, kegiatan study tour berkaitan dengan transformasi penerapan Kurikulum 2013 (K-13) menuju Kurikulum Merdeka yang menitikberatkan proses pengenalan alat transportasi, khususnya pesawat terbang.



Dalam pelaksanaannya, para peserta study tour diarahkan langsung oleh Staf Bandar Udara Tambolaka, Heri.

 

Heri menjelaskan secara detail tentang kondisi bandar udara dan bagian-bagian yang terdapat di dalamnya, seperti mobil pemadam kebakaran, comando car, berbage towing car, pesawat terbang, serta bagian-bagian dari lobi keberangkatan (departure) dan kedatangan (arrival) penumpang.

 

Menurut Heri, kegiatan tersebut sangat penting bagi para peserta, sebab pengenalan alat-alat transportasi modern harus diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini.



“Anak-anak bisa diajarkan dan diperkenalkan dengan berbagai alat transportasi dan bagian-bagian yang ada di dalamnya. Selain itu, mereka juga belajar menjaga lingkungan sekitar guna memperlancarkan perjalanan transportasi dan bagaimana menghadapi kondisi kritis, seperti ada yang sakit, ketika sedang berada dalam perjalanan,” ungkapnya.

 

Di sisi senada, ketika diwawancarai, Staf Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas II Tambolaka, Abdul Aziz, mengapresiasi kegiatan study tour yang dilakukan oleh SD Negeri Payola Umbu tersebut.

 

“Kegiatan seperti ini harus terus diadakan oleh pihak sekolah dan semoga ke depannya banyak putra dan putri daerah yang bisa menjadi pilot atau pramugari,” ungkapnya.



Pantauan media, kegiatan study tour berjalan dengan baik. Para peserta didik tampak berantusias mengikuti rangkaian acara dan penjelasan terkait alat transportasi. Selain itu, pada kesempatan tersebut, juga dilakukan sesi-tanya jawab antara peserta didik dan pengelola bandar udara. (Yeris Laki/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments