Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kelompok Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Undana Gelar Kunjungan Belajar ke Redaksi MPC NTT

 

Pose bersama di depan Redaksi MPC NTT. Foto: Jeiff.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kelompok mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Nusa Cendana (Undana), menggelar kegiatan kunjungan belajar ke Redaksi Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, Kamis (30/11/2023). Kegiatan kunjungan tersebut merupakan bagian dari Mata Kuliah Dasar-dasar Jurnalistik pada jenjang perkuliahan semester III.

 

Pada kesempatan tersebut, Pemimpin Umum MPC NTT, Gusty Rikarno, mengapresiasi inisiatif dari para mahasiswa yang telah memilih MPC NTT sebagai bagian dari proses pembelajaran di dunia perkuliahan. Menurutnya, dengan menggelar kunjungan belajar ke ruang-ruang redaksi media massa, para mahasiswa dapat mempelajari proses kerja jurnalistik secara langsung.

 

“Terima kasih atas kunjungannya. Inisiatif belajar dari teman-teman mahasiswa patut diapresiasi karena ingin belajar secara langsung terkait proses kerja jurnalistik di ruang redaksi media massa,” ujarnya.


Pemimpin Umum MPC NTT, Gusty Rikarno (kanan), saat bersama para mahasiswa.

Ia mengatakan, Cakrawala NTT, terkhususnya Media Pendidikan Cakrawala NTT, sangat terbuka bagi semua kalangan, termasuk mahasiswa, untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Hal itu, ungkapnya, sesuai dengan fokus utama Cakrawala NTT, yakni isu pendidikan.

 

Sementara itu, salah satu mahasiswa yang hadir, Fransisco T. Halut, menerangkan, kunjungan tersebut merupakan bagian dari proses perkuliahan, terkhususnya pada Mata Kuliah Dasar-dasar Jurnalistik di semester III.

 

“Ini merupakan bagian dari proses perkuliahan. Kami diarahkan untuk mampu mempelajari dan mencari tahu hal-hal apa saja yang dilakukan dalam sebuah media massa, sehingga kami dapat belajar secara langsung terkait kerja jurnalistik,” tambah Fransisco.



Melakukan Diskusi terkait Manajemen Media

 

Lebih lanjut, Fransisco bersama mahasiswa lainnya melakukan diskusi terkait manajemen media bersama Pemimpin Umum MPC NTT serta Pemimpin Redaksi MPC NTT, Mario Djegho. Terdapat beberapa hal terkait manajemen media yang menjadi topik utama diskusi, yakni manajemen redaksi/pemberitaan, manajemen perusahaan pers, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan.

 

Pemimpin Redaksi MPC NTT, Mario Djegho, menjelaskan bahwa pihaknya selalu menjalankan kerja jurnalistik dengan metode POAC, yakni planning, organizing, acting, dan controlling, yang menjadi alur atau tahapan pemberitaan. Keempat tahapan tersebut, ujarnya, tidak terlepas dari isu dan visi utama yang diemban oleh Cakrawala NTT.

 

“Kami selalu berada pada alur atau tahapan yang telah disepakati bersama dan tentunya tidak boleh keluar dari isu dan visi utama yang diemban oleh Cakrawala NTT,” tukasnya.


Suasana diskusi bersama para mahasiswa.

Terkait manajemen sumber daya manusia, Mario mengungkapkan, Cakrawala NTT melalui MPC NTT selalu mendukung pembinaan dan pengembangan karir jurnalistik bagi wartawan maupun kontributor. Hal itu, sambungnya, berguna untuk menunjang proses dan hasil jurnalistik yang berkualitas.

 

Pantuan media, proses diskusi antara pihak MPC NTT dan kesepuluh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Undana tersebut berlangsung dengan alot. Selain diskusi, terdapat juga beberapa sharing pengalaman terkait kegiatan dan kerja-kerja jurnalistik di lapangan. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments