Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

MKKS SMA TTS Gelar Aneka Lomba Peringati Hardiknas 2023

 

(Dokumentasi kegiatan)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Guna memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar aneka perlombaan selama 3 hari, yakni Rabu-Jumat (10-12/5/2023), di SMA Kristen 2 Soe. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA Kabupaten TTS, Junus Taloim, S.Pd.,MM.

 

Menurut Junus, penyelenggaraan kegiatan tersebut menjadi wadah pengembangan minat dan bakat, sehingga apa yang ditampilkan merupakan hasil kreativitas dari peserta yang telah dipilih sebagai yang terbaik. Hal itu, jelasnya, sesuai dengan arahan Pemerintah untuk memperhatikan hal-hal non akademik yang bisa mendukung pengembangan bakat dan kemampuan peserta didik.


Baca juga: Bunda Literasi NTT Dukung Terobosan Cakrawala NTT di Bidang Literasi  


“Pemerintah akhir-akhir ini tidak saja memperhatikan hal-hal akademik, tetapi juga non akademik sehingga Dewan Guru sebagai Pembina dapat membina dan membimbing peserta didik sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki,” ujarnya.



Sementara itu, Ketua MKKS SMA Kabupaten TTS, Rovis Selan, S.Pd.,M.Pd., saat diwawancarai oleh media ini, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Sekolah yang telah bekerja sama dan mendukung kegiatan tersebut dengan mengutus perwakilan sekolah untuk berpartisipasi dalam perlombaan memperingati Hardiknas.

 

Menurutnya, momen tersebut juga berguna untuk memupuk persaudaraan dan kebersamaan antar SMA di Kabupaten TTS.


Baca juga: Peringati Hardiknas, Civitas Akademika Stipar Ende Gelar Seminar Sehari  


“Ini bukan untuk mencari sekolah mana yang terbaik melainkan untuk memupuk persaudaraan dan kebersamaan antar SMA di TTS serta memotivasi peserta didik dalam berkompetisi unntuk bisa meraih prestasi yang baik. Selain itu, mereka juga bisa saling berkolaborasi dan meningkatkan kemampuan literasi,” ungkap Rovis.



Sedangkan, Ketua Panitia Kegiatan, Weyanus Bety, S.Pd., mengatakan pada tahun (2023) ini, terdapat 6 jenis perlombaan yang diadakan sesuai Surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, yakni Menyanyi Solo, Paduan Suara, Coptya dan Baca Puisi, Debat Bahasa Inggris, Debat Bahasa Indonesia, dan Tari Berpasangan.


Baca juga: Peringati Hardiknas 2023, Mendikbudristek Sampaikan Beberapa Hal Dalam Pidatonya 


Penyelenggaraan aneka lomba tersebut, ungkapnya, bertujuan untuk memperingati Hardiknas sekaligus meningkatkan kompetensi intelektual peserta didik.

 

“Aneka perlombaan ini dilaksanakan untuk memperingati Hardiknas sekaligus meningkatkan kompetensi intelektual peserta didik. Kita adakan 6 macam perlombaan sesuai Surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT. Terkait anggaran atau pembiayaan, semua berasal dari Arkas BOS Tahun 2023 dari masing-masing satuan pendidikan. Semua juga sudah dikomunikasikan dengan para Kepala Sekolah. (Albert Bausele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments