Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMA NEGERI 1 LEMBOR SELATAN LAKSANAKAN USBA PERDANA

 

(Suasana Ujian Sekolah Berbasis Android di SMA Negeri 1 Lembor Selatan)


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat, melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Android (USBA) perdana pada 10-15 April 2023. Ujian Sekolah tersebut merupakan langkah maju setelah beranjak dari proses ujian secara manual yang membutuhkan dana dan waktu lebih. Pada pelaksanaan USBA, para peserta didik menyelesaikan soal-soal ujian dengan menggunakan gadget masing-masing.

 

Kepala SMA Negeri 1 Lembor Selatan, Aventianus Korman, memberikan apresiasi atas terlaksananya USBA perdana tersebut. Ia pun mengaku bangga atas antusiasme para guru, panitia ujian, dan peserta didik yang turut menyukseskan Ujian Sekolah tersebut.

 

“Saya sangat bangga melihat antusiasme Bapak/Ibu Guru semua, juga peserta ujian kita. Saya sangat berharap untuk hal-hal semacam ini bisa terus ditingkatkan untuk membangun sekolah kita ke depannya,” ujar Aventianus.

 

Sementara itu, Ketua Panitia USBA SMA Negeri 1 Lembor Selatan, Maria Yasinta Sarlin, mengatakan USBA terbilang sangat efektif dan efisien. Selain menghemat dana, tambahnya, USBA juga dapat melatih peserta didik untuk mengikuti perkembangan zaman. Hal itu, sambung Sarlin, bisa membiasakan mereka untuk mengerjakan soal berbasis android di kemudian hari.

 

“USBA ini juga sangat meringankan pekerjaan guru karena perhitungan nilai akhirnya bisa langsung diproses. Anak-anak juga dibiasakan untuk mengerjakan soal berbasis android bila dibutuhkan di lain kesempatan, seperti di Perguruan Tinggi nantinya,” tandas Sarlin.

 

Senada dengan itu, Sekretaris Panitia USBA, Yohanes Jehurun, mengaku tidak menemui kendala yang krusial dari tahap persiapan hingga pelaksanaan ujian. Ia juga sangat mengharapkan agar rekan-rekan guru dapat mempelajari lebih banyak informasi terkait pemanfaatan Google Form dalam aktivitas sebagai pengajar.  

 

Sedangkan, salah satu peserta USBA, Anamaria, mengaku senang dengan terlaksananya USBA tersebut. Menurutnya, USBA lebih efektif dan sangat memudahkan proses pengerjaan soal.

 

“Saya merasa senang dan antusias dengan model Ujian Sekolah Berbasis Android ini. Kami dapat mengetahui hasil ujian saat itu juga. Proses ujian pun tidak menemui kendala. Kami dapat mengakses soal dengan mudah pada link  yang dibagikan di grup peserta ujian oleh panitia,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, Ujian Sekolah adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik terhadap Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) untuk seluruh mata pelajaran yang telah dipelajari di satuan pendidikan. Hasil Ujian Sekolah dapat dijadikan acuan pencapaian kompetensi sekaligus laporan kemajuan belajar peserta didik kepada orang tua atau wali.

 

Seiring perkembangan waktu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar, dimana di dalamnya dikatakan seluruh ketentuan kelulusan dikembalikan kepada pihak sekolah melalui Ujian Sekolah. (Mia Kurnia/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments