Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

PESONA SIBA SPOT DI KABUPATEN SIKKA

 

(Dokumentasi Siba Spot di Kabupaten Sikka)


Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Siba Spot merupakan salah satu destinasi pariwisata bernuansa alam yang terletak di Kampung Sikka, Desa Sikka, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka. Siba Spot menghadirkan panorama bernuansa alam yang berjiwa natural. Terletak di RT 001/RW 001 Dusun Sikka, Desa Sikka, Siba Spot menghadirkan sejuta kenangan dan elok dipandang. Berjarak 25 Km dari Ibu Kota Kabupaten Sikka, pengunjung dapat menuju arah selatan agar bisa menikmati Kampung Sikka yang juga memiliki eksotis keindahan Gereja Tua di Desa Sikka tersebut.

 

Siba adalah nama seorang pahlawan di Kampung Sikka yang konon katanya menjadi pahlawan dan pejuang. Siba dengan jiwa kepemimpinannya yang luar biasa dapat menghimpun, mengakomodir, dan merangkum semua suku yang ada di Desa Sikka tersebut. Dedikasi dan perjuangannya membuat masyarakat Sikka menghormatinya sebagai pahlawan pemersatu dan pecinta alam Desa Sikka.



Terhadap jasa dan sejarah Siba tersebut, Emanuel Laba, seorang pemuda asal Desa Sikka mulai menekuni sebuah usaha di bidang pariwisata dan diberi nama Siba Spot. Bermodalkan pengetahuan yang dimilikinya, pada tahun 2019, Emanuel secara rutin dan berkelanjutan mulai menata keindahan alam bibir pantai di ujung Kampung Sikka tersebut.  

 

Emanuel menuturkan sejak tahun 2019, Siba Spot yang dirintisnya mulai ditata menjadi sebuah hunian dan alam hiburan yang nyaman. Bermodalkan kemampuan yang ada, ia memulai usaha tersebut.




Lebih lanjut, terang Emanuel, motivasi dasarnya membangun usaha pariwisata tersebut adalah untuk menyalurkan hobi dan kecintaannya akan alam.

 

“Hobi saya pecinta alam, maka semua design dan pesona alam yang saya suguhkan adalah bernuansa alam dan ramah lingkungan,” ungkap Emanuel.

 

“Desa Sikka adalah salah satu desa yang memiliki ikon religi, yakni Gereja Tua di Sikka, karena itu alam pun harus kita jaga dan rawat. Siba Spot adalah tawaran unik menjadi tempat hiburan dan rekreasi yang nyaman apabila keluarga berkunjung ke Siba Spot,” sambungnya.



Emanuel menambahkan Siba Spot menyuguhkan fasilitas, seperti spot yang indah bernuansa alam, pelabuhan mata alam, pantai yang indah, tebing dan batu karang yang mempesona, serta panorama sunset yang indah. Ada juga sumur tua peninggalan Portugis. Selain itu, disediakan pula air kelapa muda, makanan asli Sikka Kuah Asam Ikan Merah, dan makanan khas lainnya. Siba Spot juga menyediakan tenunan sarung Sikka.

 

Untuk diketahui, Siba Spot adalah salah satu tempat pariwisata terbaik di tahun 2022-2023 Wilayah Desa Sikka. Siba Spot memiliki lingkungan yang tertata rapi, memiliki harga yang terjangkau, fasilitas yang baik, serta ramah lingkungan. Siba Spot juga menyediakan fasilitas buku-buku bacaan bagi para pengunjung. (Bastian Kopong/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments