Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

MAHASISWA IKTL GELAR KEGIATAN PKL DI DESA DANIBAO SELAMA SEBULAN

 

(Para mahasiswa IKTL saat melakukan kegiatan PKL di sekolah-sekolah)


Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM - Mahasiswa Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL), Flores Timur, menggelar kegiatan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) Tahun 2023 di Desa Danibao, Kecamatan Adonara Barat, selama satu bulan. Hal itu disampaikan oleh salah satu mahasiswa Fakultas Teknologi IKTL, Feliksianus Sengaji Sabon. Menurutnya, kegiatan tersebut memberikan dampak yang positif bagi masyarakat melalui program-program yang direalisasikan oleh para mahasiswa IKTL.  

 

“IKTL memiliki besaran program kegiatan tahun 2023, yakni Kampus Gempur Stunting, Demokrasi Pemilu, dan Ekologi Penghijauan Lingkungan. Terhadap besaran program tersebut, kita sudah melakukan kegiatan seperti penghijauan mata air, kegiatan Posyandu dan sosialisasi stunting, pembuatan plan Kantor Desa Danibao, pembuatan tempat sampah, penanaman rumput hijau di kompleks Kantor Desa Danibao, dan sosialisasi pembelajaran berbasis media di sekolah-sekolah,” ungkap Feliksianus.

 

Feliksianus menerangkan bahwa terdapat 7 mahasiswa IKTL yang melaksanakan kegiatan PKL di Desa Danibao dan menyebar di Dusun Era, Dusun Ubek, dan Dusun Riangduli. Penyebaran tersebut, ujarnya, menjadi kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar mengenal masyarakat secara lebih dekat, sekaligus melakukan kegiatan pembangunan dan edukasi di tengah masyarakat.



Sementara itu, Kepala Desa Danibao, Yustinus Kopong Raya, menuturkan bahwa kegiatan PKL tersebut sangat membantu masyarakat dan Pemerintah Desa Danibao. Program-program yang direalisasikan, ungkapnya, dapat memacu semangat masyarakat untuk terlibat aktif dalam roda pembangunan desa.

 

“Kegiatan PKL ini sudah semestinya dilakukan dan ketika mereka (mahasiswa) turun ke masyarakat, mereka berpedoman pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar,” tandasnya.



Di sisi senada, Staf Desa Danibao, Yos Lamen Lein dan Benediktus Geroda, menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa IKTL yang telah melaksanakan kegiatan PKL di Desa Danibao. Bagi keduanya, kegiatan tersebut dapat mendorong mahasiswa untuk berani keluar dari zona nyaman perkuliahan dan terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat.

 

“Dengan kegiatan ini, mahasiswa bisa belajar dan merasakan langsung kebutuhan masyarakat di tengah dinamika pembangunan yang sedang berjalan,” pungkas keduanya. (Bastian Kopong/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments