Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

GUBERNUR NTT GELAR KUNJUNGAN KE SMK NEGERI KOLBANO

 

(Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, saat menggelar kunjungan ke SMK Negeri Kolbano)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), menggelar kunjungan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Sabtu (15/4/2023). Hal itu dilakukannya di sela-sela kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten TTS, sekaligus menyerahkan Bantuan Dana Pendidikan kepada 45 SMA/SMK di Wilayah TTS.

 

Dalam arahannya, VBL mengatakan bahwa sumbangan dana yang diserahkan tersebut harus diatur secara baik agar pembangunan fisik sekolah dapat diimplementasikan secara berkualitas. Kualitas bangunan, tegasnya, harus didesain dengan nuansa estetika. Selain itu, ke depannya, tambah VBL, lingkungan sekolah harus bernilai ekologis, sehingga anak-anak didik bisa menumbuhkan dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.  

 

“Sekolah bukanlah tempat penitipan anak, melainkan tempat untuk membangun manusia atau sekolah adalah tempat keluarga maka perlu mengubah dunia pendidikan agar anak-anak merasa nyaman berada di sekolah dengan situasi gembira, rileks, dan ramah lingkungan. Kita juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk selalu mengecek Hemoglobin peserta didik karena kalau masuk sekolah pagi anak-anak akan terbiasa untuk tidak malas sehingga ke sekolah sudah diatur makan dan minumnya. Tetapi, jika tidak terbiasa, maka pastinya ke sekolah makan dan minum tidak diperhatikan sehingga dalam mengikuti pelajaran di sekolah tidak berkonsentrasi secara baik,” tambah VBL.



VBL juga mengatakan pihaknya tengah bekerja sama dengan Jerman untuk mengembangkan potensi anak-anak NTT yang telah menyelesaikan pendidikan SMA/SMK. Sebelum ke sana, ujarnya, mereka perlu mempelajari Bahasa Jerman selama enam bulan dan akan dibantu oleh Bank NTT untuk kebutuhan dana.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Harry Alexanre Riwu Kaho. Ia menerangkan bantuan yang diberikan tidak saja untuk keperluan infrastruktur pendidikan, tetapi juga untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Lalu, sesuai dengan visi dan misi Gubernur NTT terkait vokasi, lanjutnya, sudah terdapat kerja sama dengan Jerman.

 

“Ada 2000 peserta didik yang akan diseleksi dan untuk Kabupaten TTS mendapatkan jatah 600 anak muda karena tantangan membangun SDM di TTS perlu ditingkatkan sehingga anak-anak SMA/SMK perlu belajar Bahasa Jerman selama 6 bulan dan kita dari pihak Bank NTT siap memberikan bantuan kredit kepada mereka,” sambungnya.

 

Sedangkan, Asisten Pemerintah Sekda TTS, Donis Nubatonis, S.Sos.,M.Si., dalam arahannya mewakili Bupati TTS, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTT yang telah beberapa kali melakukan kunjungan ke Kabupaten TTS.



“Semoga kunjungan ini tidak berakhir di sini, melainkan secara terus menerus agar perkembangan pembangunan tetap berjalan dengan baik di Wilayah TTS,” harap Donis.

 

Sementara itu, secara terpisah, Kepala SMA Negeri 1 Soe, Rovis Selan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur NTT dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT yang telah memberikan bantuan dana kepada sekolah yang dipimpinnya. Dana tersebut, pungkasnya, akan digunakan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan dan rencana sekolah, sehingga dapat memberikan hasil yang berkualitas.

 

Untuk diketahui, total bantuan dana pendidikan yang dserahkan oleh Gubernur NTT adalah sebesar Rp. 40.725.110.000 dan diterima oleh 45 SMA/SMK di Kabupaten TTS. Dana tersebut terbagi atas 2 sumber, yakni Pendanaan DAU Spesific Grant bagi 40 sekolah dan Pendanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi 5 sekolah. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments