Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

14 CALON LULUSAN SMK NEGERI 1 ILE APE IKUTI UJI SERTIFIKASI

 

(Foto bersama usai Seremonial Pembukaan Uji Sertifikasi di SMK Negeri 1 Ile Ape)


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Sebanyak 11 siswa dan 3 siswi calon lulusan SMK Negeri 1 Ile Ape Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti mengikuti Uji Sertifikasi Mandor Tukang Batu/Bata/Beton yang digelar pada Senin (3/4/2023) di SMK Negeri 1 Ile Ape, Desa Muruona, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata. Kegiatan Uji Sertifikasi ini dilakukan melalui Uji Lisan, Uji Tertulis, dan Uji Praktek.

 

Dalam sambutan mengawali kegiatan ini, Ismail Abdul Mutalib, S.T.,M.T., selaku Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, merasa sangat senang karena bisa datang ke Lembata untuk melakukan Uji Sertifikasi bagi anak didik di SMK Negeri 1 Ile Ape.

 

Ismail punmemberikan motivasi bagi peserta ujian dengan memberikan 4 poin kecakapan vokasional. Pertama, peserta ujian harus memiliki kepercayaan diri dan siap untuk memasuki dunia kerja. Kedua, peserta ujian harus bekerja secara tim (kolaborasi). Ketiga, peserta ujian harus dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh di sekolah dengan dunia kerja nanti. Keempat, peserta ujian harus mampu melahirkan inovasi bagi dirinya sendiri dan juga orang lain.

 

Selanjutnya, Aloysius Panang, S.T.,M.T., selaku Kabid Bina Jasa Konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Lembata, dalam sambutan mewakili Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lembata, memberikan apresiasi bagi lembaga SMK Negeri 1 Ile Ape karena telah membangun kemitraan dengan pihak Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya untuk melakukan Uji Sertifikasi bagi anak didik di lembaga SMK Negeri 1 Ile Ape. Ia juga merasa bangga karena lembaga SMK Negeri 1 Ile Ape saat ini telah memiliki banyak peralatan yang berhubungan dengan bidang konstruksi.

 

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Ile Ape, Mikael Segegit Kobun, S.Pd., dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan, memberikan ucapan terima kasih yang berlimpah bagi Tim dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, Jefrison Ndun, S.Pd., selaku Asesor dari Dinas PUPR Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Bapak Aloysius Panang, S.T., M.T., selaku Kabid Bina Jasa Konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Lembata.

 

Mikael juga menjelaskan bahwa seluruh rangkaian kegiatan mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan Uji Sertifikasi tersebut telah dipersiapkan secara baik oleh Tim Guru dari jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti.

 

Mengakhiri sambutan singkatnya, Mikael mengharapkan agar seluruh proses kegiatan Uji Sertifikasi dapat berjalan secara baik dan lancar, sehingga pada akhirnya keempat belas siswa dapat memperoleh Sertifikat Uji Kompetensi secara Nasional.

 

Di sela-sela kegiatan, Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr., selaku Wakasek Kurikulum SMK Negeri 1 Ile Ape, kepada media ini, menjelaskan bahwa selama ujian berlangsung para siswa tampil secara all-out, serius, dan tetap tenang menghadapi ujian baik lisan, tertulis, maupun praktik.

 

Para siswa jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti, ujarnya, akan ditagih keahlian dan keterampilannya sesuai dengan bidang keahlian yang mereka geluti dalam wujud Uji Sertifikasi Kompetensi ini. “Inilah saatnya para siswa dapat menampilkan dan memberikan kemampuan terbaik mereka setelah tiga tahun belajar di SMK Negeri 1 Ile Ape,” ungkap Paulus. (Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr/MDj/red).


Post a Comment

0 Comments