Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

GANDENG CAKRAWALA NTT, SMP SWASTA KATOLIK ST. URSULA ENDE GELAR WORKSHOP LITERASI

 

(Foto: Suasana pembukaan Workshop Literasi Bagi Guru dan Peserta Didik SMPS Katolik St. Ursula Ende)


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Katolik St. Ursula Ende menggelar kegiatan Workshop Literasi Bagi Guru dan Peserta Didik selama 3 hari, Rabu-Jumat (4-6/1/2023). Kegiatan yang didukung oleh Cakrawala NTT tersebut mengusung tema “Menyambut Generasi Emas NTT Tahun 2050 Dengan Mengakarkan Budaya Literasi”. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Yayasan Nusa Taruni Bakti, Sr. Theresia Sri Biastuti, OSU.,M.Pd.

 

Dalam sambutannya, Sr. Theresia mengatakan bahwa kegiatan workshop tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecakapan literasi para guru dan peserta didik, terutama dalam bidang menulis. Hal itu, ujarnya, menjadi semangat baru di tahun 2023 sekaligus memberikan suntikan energi positif untuk mengembangkan literasi di sekolah tersebut.  

 

“Kegiatan ini menjadi semangat baru bagi kita semua. Dunia pendidikan tidak pernah berhenti untuk terus belajar dan tentunya di era saat ini kita harus berjuang dengan teknologi yang ada, sebab zaman sekarang sudah memasuki era digitalisasi untuk kita mau belajar,” tambah Sr. Theresia.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala SMP Swasta Katolik St. Ursula Ende, Sr. Maria Goreti Lopa. OSU.,S.Pd. Menurutnya, literasi merupakan bagian penting yang harus selalu diupayakan di setiap tingkat satuan pendidikan.



Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Umum Cakrawala NTT, Gusty Rikarno, mengungkapkan literasi telah menjadi bagian penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Hal itu, jelasnya, bisa mendukung pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di kemudian hari.

 

“Misi kita adalah menyambut generasi emas NTT di tahun 2050 dengan membangun budaya literasi. Kita harus berimajinasi tentang bagaimana situasi NTT Di tahun 2050 dan tentunya membutuhkan kerja sama dengan semua pihak agar sama-sama bergerak mewujudkan SDM yang unggul,” tandas Gusty.

 

Di lain pihak, salah seorang peserta didik yang turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut, Maria Cinta Mira Ginta, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan tentunya menyenangkan. Di dalam kegiatan tersebut, ujarnya, terdapat begitu banyak hal baru yang didapatkannya, terutama terkait dunia kepenulisan.



“Dengan kegiatan workshop ini kami dilatih untuk berpikir lebih kritis serta lebih bersemangat untuk terus berkarya. Semoga kegiatan workshop ini bisa bermanfaat bagi para peserta didik sehingga nantinya bisa menjadi seorang penulis yang handal,” pungkas peserta didik yang duduk di kelas IX A tersebut.

 

Untuk Diketahui, kegiatan workshop tersebut diikuti oleh 50 orang peserta didik dan 32 orang guru, serta dibagi menjadi kelas guru dan peserta didik. Para guru akan dibimbing oleh Formator Literasi Cakrawala NTT untuk menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI), sedangkan para peserta didik akan dibimbing untuk membuat ragam tulisan kreatif. (Jamil/Baldus/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments