Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

PENGUSAHA MUDA FLOTIM AJAK MAHASISWA STP REINHA LARANTUKA BERWIRAUSAHA

 

(Foto: Lambertus Beni Jawan bersama para mahasiswa semester V STP Reinha Larantuka saat perkuliahan MK Kewirausahaan di kampus tersebut)


Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM - Pengusaha muda asal Kabupaten Flores Timur, Lambertus Beni Jawan, mengajak para mahasiswa semester V Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Reinha Larantuka untuk berwirausaha ketika menghadiri perkuliahan MK Wirausaha di kampus tersebut, Rabu (30/11/2022). Dalam perkualiahan yang diasuh oleh Dosen Alfons Mudi Aran, S.Pd.,M.M. tersebut, Lambertus memberikan motivasi bagi para mahasiswa untuk berani membangun usaha, sebab berwirausaha, menurutnya, sangat penting dilakukan.

 

Menarik sekali program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Salah satu tuntutan dalam Kurikulum Merdeka saat ini adalah wajib mempelajari Mata Kuliah Kewirausahaan dan perlunya praktik lapangan atau magang kurang lebih satu semester sesuai ketentuan yang ditetapkan. Hal itu berguna agar mahasiswa bisa memperoleh nilai dari perusahaan atau tempat magangnya tersebut. Untuk itu, para mahasiswa harus memiliki jiwa entrepreneur,” ujar pria yang memiliki usaha percetakan, ekspedisi, dan lilin tersebut.

 

Lebih lanjut, Lambertus menegaskan bahwa untuk memulai dan mengembangkan sebuah usaha, meskipun kecil atau sederhana, seorang pemula harus memiliki mental yang kuat dan tidak boleh gengsi dalam menjalankan usaha tersebut. Selain itu, ujarnya, perlu adanya rasa kepercayaan diri dan mimpi yang besar guna mencapai hasil yang diharapkan. Kesuksesan dalam berwirausaha, tambahnya, tidak ditentukan oleh faktor keturunan, tetapi dengan adanya kemauan dalam diri sendiri. Lambertus juga menuturkan dirinya kerap mengamati, meniru, dan memodifikasi sesuatu saat akan melakukan usaha.

 

Intinya, kita harus keluar dari zona nyaman dan perlahan membangun mimpi untuk mulai merintis usaha. Kekeliruan terbesar dalam memulai atau merintis usaha adalah soal gengsi, mau instan, dan ingin cepat menjadi bos ketika ada uang. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan minder apabila kita lahir dari keluarga yang susah. Harus melatih mental karena pebisnis selalu berhadapan dengan orang lain yang berbeda karakter dan juga memanfaatkan media sosial yang ada untuk mempromosikan bisnis kita,” ungkap Lambertus.

 

Ia menambahkan hal utama yang harus diperhatikan dan diprioritaskan ketika sudah memiliki usaha adalah aspek pelayanan yang baik. Para pengusaha, imbuhnya, harus membangun komunikasi yang intens dengan para pelanggan, sekaligus mempelajari pangsa pasar. Untuk lebih mendalami dunia usaha atau bisnis, Lambertus pun mengajak para mahasiswa dan dosen untuk mengunjungi tempat usahanya, yakni “Gubuk Gudang Lilin Cahaya”, yang berlokasi di Pohon Bao-Larantuka.

 

Di lain pihak, Mateus Dangga, seorang mahasiswa semester V yang mengikuti perkuliahan tersebut, merasa sangat bangga dengan kehadiran pengusaha muda asal Kabupaten Flores Timur, Lambertus Beni Jawan, tersebut. “Saya sudah diberikan motivasi yang sangat luar biasa. Saya juga berkeinginan kuat untuk mulai merintis usaha sederhana agar dapat membantu orang tua,” ungkap mahasiswa asal Sumba Barat Daya ini tersebut. (Rofinus R. Roning/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments