Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

YAYASAN GNI GELAR SOSIALISASI DI SMA NEGERI 2 MACANG PACAR

 

(Foto: Kepala SMA Negeri 2 Macang Pacar, Yufentus Panok (berdiri), saat memberikan arahan pada kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Yayasan GNI di SMA Negeri 2 Macang Pacar)


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) menggelar kegiatan sosialisasi di SMA Negeri 2 Macang Pacar, Manggarai Barat, Jumat (11/11/2022). Yayasan yang berfokus pada upaya penguatan hak-hak anak tersebut membawakan beberapa materi dalam kegiatan sosialisasi di SMA Negeri 2 Macang Pacar, yakni “Kesehatan Reproduksi Pada Remaja”, “Pernikahan Dini”, “Napza”, serta “Hak-hak Anak dan Perempuan”. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala SMA Negeri 2 Macang Pacar, Yufentus Panok, dan Manager Program Yayasan GNI Manggarai Barat, Vinsensius Y. Bana.

 

Dalam arahannya, Yufentus memberikan apresiasi bagi kehadiran Yayasan GNI di SMA Negeri 2 Macang Pacar guna mendukung peningkatan kecerdasan kehidupan anak bangsa melalui kegiatan sosialisasi akademik. Pemberian materi yang diberikan oleh Yayasan GNI tersebut, ungkap Yufentus, sangat relevan dengan kenyataan saat ini. Yufentus menjelaskan bahwa banyak kejadian pelecehan seksual yang terjadi pada peserta didik di Indonesia, terlebih khusus perempuan yang juga menjadi korban paling banyak dalam kasus pernikahan dini.



“Terbukti 22,82 % atau 1 dari 6 perempuan di Indonesia sudah menikah sebelum usia 18 tahun. Perempuan di Indonesia 7,5 kali lebih rentan menjadi korban perkawinan anak di Indonesia dari pada laki-laki. Sebenarnya, itu membuat hak-hak yang seharusnya didapat oleh perempuan menjadi terabaikan. Hak yang terabaikan itu seperti hak memperoleh pendidikan, hidup bebas dari kekerasan dan pelecehan, kesehatan diri, dilindungi dari eksploitasi dan hak tidak dipisahkan oleh orangtua. Oleh karena itu, mari lindungi hak wanita dari perkawinan anak yang membuat wanita kehilangan hak tersebut, agar wanita dapat terpenuhi haknya dengan penuh,” tutur Yufentus.

 

Sementara itu, Vinsensius, selaku Manager Program Yayasan GNI Cabang Manggarai Barat, menyampaikan bahwa dirinya merasa bangga dengan SMA Negeri 2 Macang Pacar yang bisa memediasi kegiatan sosialisasi akademik guna meningkatkan sumber daya berpikir dan pola pikir yang inovatif dari peserta didik, serta menanamkan pentingnya pendidikan hak-hak anak dalam lingkungan masyarakat. Sosialisasi akademik ini, ungkap Vinsensius, dapat menyadarkan diri peserta didik agar tidak terjadi pernikahan di usia dini, mencegah terjadinya pergaulan bebas, serta menghindari penyalahgunaan narkotika di usia pelajar.


(Foto: Manager Program Yayasan GNI Manggarai Barat, Vinsensius Y. Bana (berdiri), saat berbicara di depan peserta sosialisasi)

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan baik karena kondisi persiapan peserta didik yang ikut sangat aktif, lebih khusus peserta didik yang diperhatikan oleh yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI). Peserta didik yang ikut dalam kegiatan ini ada 100 orang, yakni peserta didik terpilih dari kelas X-XII SMA Negeri 2 Macang Pacar. Semua anggaran dalam mendukung kesuksesan kegiatan sosialisasi akademik ini bersumber dari Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI). Oleh karena itu, kegiatan ini adalah langkah awal dalam proses ke arah yang progresif, sehingga peserta didik harus sungguh-sungguh dan tekun mengikuti kegiatan ini,” tandas Vinsensius.

 

Sedangkan, salah satu peserta didik yang terlibat dalam kegiatan tersebut, Ary Sudit, menuturkan bahwa dirinya merasa senang dan antusias untuk mengikuti rangkaian sosialisasi yang digelar oleh Yayasan GNI, sebab materi yang dijelaskan cukup mendetail dan menyadarkan generasi muda SMA Negeri 2 Macang Pacar.



“Kami diberikan materi yang menjelaskan tentang tantangan pergaulan, kebiasaan merokok, pendidikan orang tua, dan juga sangat penting adalah masalah yang dihadapi peserta didik saat ini. Oleh karena itu, peserta didik yang ikut dalam kegiatan ini adalah regenerasi yang intelektual cerdas nantinya dan berpartisipasi untuk terus mengampanyekan ke peserta didik lainnya,” tutup Ary yang juga merupakan Ketua OSIS SMA Negeri 2 Macang Pacar. (Deo Hironimus/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments