Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MAJALAH PENDIDIKAN CAKRAWALA NTT TETAP EKSIS DI EDISI KE-100

 

(Foto: Majalah Pendidikan Cakrawala NTT)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Majalah Pendidikan Cakrawala NTT merupakan salah satu media publikasi yang berfokus pada pemberitaan dan tulisan-tulisan menyangkut dunia pendidikan dan literasi. Majalah Pendidikan Cakrawala NTT merupakan bagian dari Divisi Media Pendidikan Cakrawala NTT yang berada langsung di bawah naungan Cakrawala NTT dan PT Cahaya Cakrawala Nusantara. Pada Bulan Oktober 2022, Majalah Pendidikan Cakrawala NTT telah memasuki edisi ke-100 dengan mengangkat tema besar “Merdeka Belajar Menuju Merdeka Berpikir”.

 

Tema tersebut sesuai dengan konsep Kurikulum Merdeka yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Hal itu pun sesuai dengan visi Cakrawala NTT, yakni “Menyambut Generasi Emas NTT Tahun 2050 Dengan Membangun Budaya Literasi”. Menurut Pimpinan Umum Cakrawala NTT, Gusty Rikarno, pikiran rasional adalah dasar untuk mewujudkan berbagai konsep pembangunan. Untuk itu, tegasnya, pembangunan sumber daya manusia harus menjadi fondasi pertama untuk mencapai perubahan-perubahan yang diinginkan. Dengan demikian, sambungnya, pengimplementasian konsep pembangunan bisa terlaksana secara rasional dan profesional.

 

“Saya sangat mengapresiasi konsistensi dari para redaktur yang telah bekerja keras untuk terus menjaga eksistensi Majalah Pendidikan Cakrawala NTT hingga edisi ke-100 ini. Edisi berikut dan seterusnya pun sedang dan akan terus berjalan. Tema edisi ke-100 ini sangat relevan dengan perkembangan Kurikulum Merdeka dan visi Cakrawala NTT. Intinya, kita terus mendukung pembangunan sumber daya manusia di provinsi ini, sehingga generasi emas NTT di tahun-tahun mendatang bisa terwujud. Konsep pembangunan harus diiringi dengan penguatan sumber daya manusia, sehingga perubahan yang diharapkan bisa tercapai,” tambah Gusty.

 

(Foto: Pimpinan Umum Cakrawala NTT, Gusty Rikarno (kedua dari kiri), saat mengunjungi Kantor Kwarda Gerakan Pramuka NTT)


Sementara itu, Pimpinan Redaksi Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, Mario Djegho, menuturkan bahwa para redaktur, wartawan, dan kontributor telah berperan penting untuk menjaga kualitas konten dari Majalah Pendidikan Cakrawala NTT sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Dari awal penerbitannya, jelas Mario, Majalah Pendidikan Cakrawala NTT tetap fokus dan konsisten untuk memublikasikan informasi terkait dunia pendidikan dan literasi di Wilayah NTT maupun nasional. Dalam proses penyusunan konten, sambungnya, tim redaksi tetap mengutamakan objektivitas dan etika jurnalistik, sehingga penyampaian informasi dilakukan secara seimbang dan akurat.

 

“Majalah Pendidikan Cakrawala NTT ini merupakan produk utama dari Cakrawala NTT. Sejak awal berdirinya, Cakrawala NTT berfokus pada publikasi pemberitaan terkait pendidikan dan literasi di Wilayah NTT. Untuk itu, para redaktur, wartawan, dan kontributor terus berupaya untuk menjaga eksistensi Majalah Cakrawala NTT hingga saat ini, meskipun terdapat berbagai hambatan dan tantangan. Selain itu, guna menjaga minat pembaca, kami berusaha mengemas konten-konten pemberitaan dalam gaya penulisan karangan khas (feature), laporan mendalam, serta menggunakan jurnalisme sastrawi,” ungkap Mario.


(Foto: Majalah Pendidikan Cakrawala NTT Edisi Ke-100)

Untuk diketahui, Majalah Pendidikan Cakrawala NTT terdiri atas beberapa rubrik, yakni Sorot, Liputan Khusus, Kilas Daring, Berita Pilihan (Daerah), Nasional, Suara Guru, Sosok (Tokoh), Feature, Advertorial, Sastra, Bintang Cakrawala, dan Cerita Cakrawala. Hingga saat ini, Majalah Pendidikan Cakrawala NTT telah memiliki ribuan pembaca, mulai dari kalangan peserta didik, guru, mahasiswa, akademisi, penggiat literasi, praktisi dan pemerhati pendidikan, lembaga pemerintahan, hingga masyarakat umum. Selain Majalah Pendidikan Cakrawala NTT, Divisi Media Pendidikan Cakrawala NTT juga mengakomodir pemberitaan harian melalui Media Online cakrawalantt.com. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments