Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KADIS PK NTT GELAR KUNJUNGAN KE SMK NEGERI 3 KOMODO

 

(Foto: Kadis PK Provinsi NTT, Linus Lusi, bersama para guru dan tenaga kependidikan SMK Negeri 3 Komodo)


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi NTT, Linus Lusi, menggelar Kunjungan Kerja (Kunker) ke SMK Negeri 3 Komodo, Manggarai Barat, Jumat (18/11/2022). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pendampingan Dirjen Pendidikan SMK Kemendikbudristek di Manggarai Raya. Pada kunjungan tersebut, Linus didampingi Kepala SMK Negeri 3 Komodo, Hortensia Herima, menggelar diskusi bersama para guru dan tenaga kependidikan.

 

Dalam diskusi tersebut, Linus menekankan pentingnya kerja kolaborasi di antara para guru dan tenaga kependidikan SMK Negeri 3 Komodo guna menunjang proses pendidikan yang berkualitas. Selain itu, tegas Linus, penekanan aksi nyata dari setiap mata pelajaran juga perlu ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan kurikulum kejuruan di SMK. Hal tersebut, sambungnya, merupakan bentuk kesiapan lembaga pendidikan dalam mencetak peserta didik yang siap bekerja di kemudian hari.

 

“Misalnya, pada Bahasa Inggris Pariwisata, peserta didik dituntut untuk bisa menguasai kosakata dan komunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Tidak apa-apa jika Bahasa Inggrisnya jatuh-bangun. Seiring berjalannya waktu, mereka akan bisa dengan fasih menggunakan Bahasa Inggris,” tambah Linus Lusi saat berdiskusi dengan salah satu guru pengampu Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Ardianus Taur, S.Pd.


(Foto: Suasana diskusi antara Kadis PK Provinsi NTT bersama para guru dan tenaga kependidikan SMK Negeri 3 Komodo)

Lebih lanjut, Linus juga menekankan pentingnya pendampingan berbasis konseling yang sistematis bagi peserta didik. Untuk itu, Tim Guru Bimbingan Konseling (BK) harus mampu menghasilkan rekomendasi yang mewakili peserta didik dengan kebutuhan tertentu. “Sehingga, pendampingan yang dilakukan dengan rekomendasi yang dikeluarkan akan tetap berkesinambungan. Harapannya, Tim Bimbingan Konseling bersama Kepala Sekolah akan dengan mudah mempertanggungjawabkan semua itu di hadapan orang tua peserta didik,” terang Linus.

 

Pada kesempatan tersebut, Linus turut memberikan apresiasi bagi SMK Negeri 3 Komodo yang berhasil menambahkan bahasa daerah sebagai salah satu mata pelajaran keahlian di Program Studi (Prodi) Seni Tari. Sebagai informasi, SMK Negeri 3 Komodo memiliki tiga program keahlian, yaitu Prodi Seni Tari, Prodi Wisata Bahari dan Ekowisata, serta Prodi Kriya Batik dan Tekstil. Sejauh ini, Prodi Kriya Batik dan Tekstil sudah dibuka, tetapi belum memiliki peminat.

 

Pantauan media, pada kunjungan tersebut, turut hadir para Wakil Kepala SMK Negeri 3 Komodo, beberapa guru Koordinator BK, Pembina OSIS, Koordinator Olahraga, Koordinator Kesiswaan, dan Koordinator Literasi. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments