Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK NEGERI 1 ILE APE LEPAS 108 PESERTA DIDIK PRAKERIN

 

(Foto: Dokumentasi Kegiatan)


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Penerapan sistem pembelajaran di SMK Negeri 1 Ile Ape terbagi dalam pembelajaran secara teori dengan porsi 30% dan pembelajaran secara praktik dengan porsi 70%. Pembelajaran yang bersifat teori dilakukan di dalam ruang kelas, sedangkan pembelajaran yang bersifat praktik dilakukan di laboratorium atau di bengkel-bengkel sesuai dengan program keahliannya masing-masing. Selain itu, ada juga pembelajaran yang terjadi di lapangan yang biasa dikenal dengan nama Prakerin (Praktik Kerja Industri).

 

Sebagai wujud nyata implementasi kurikulum di SMK Negeri 1 Ile Ape dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), maka pihak SMK Negeri 1 Ile Ape menerapkan Praktik Kerja Industri (Prakerin), sehingga link and match antara kurikulum di sekolah dengan DUDI. Peserta Prakerin tahun pelajaran 2022 / 2023 ini adalah semua peserta didik kelas XII sebanyak 108 orang yang terbagi dalam 6 program keahlian.

 

Para peserta didik kelas XII tahun pelajaran 2022 / 2023 tersebut merupakan angkatan terakhir yang menggunakan Kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013 telah ditegaskan bahwa kegiatan pembelajaran di lapangan (Prakerin) wajib dilaksanakan oleh semua peserta didik selama 6 Bulan di DUDI. Untuk menjawabi tuntutan kurikulum ini, maka pihak SMK Negeri 1 Ile Ape melakukan kegiatan Prakerin tersebut secara bertahap mulai dari kelas XI (semester 3 dan 4) serta kelas XII (semester 5).

 

Pada Kamis (15/9/2022), SMK Negeri 1 Ile Ape melaksanakan kegiatan upacara pelepasan peserta didik kelas XII pada 6 (enam) program keahlian untuk melaksanakan Prakerin di Balai Latihan Kerja (BLK) Singosari Malang. Upacara pelepasan peserta Prakerin ini dipimpin langsung oleh Plh. Kepala SMK Negeri 1 Ile Ape, Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr. Serimonial pelepasan tersebut ditandai dengan penyematan kartu tanda peserta dan pemakaian helm secara simbolis oleh pembina upacara. Hadir dalam upacara pelepasan tersebuat adalah Para Wakasek, Para Kepala Program Keahlian, Guru dan Staf Tata Usaha, serta seluruh peserta didik kelas X dan XI Tahun Pelajaran 2022/2023.

 

Dalam sambutan singkatnya, Paulus menegaskan kepada semua peserta Prakerin bahwa kegiatan Prakerin merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh semua peserta didik. Selama ini, ungkapnya, para peserta didik hanya belajar di lingkungan sekolah, sehingga sudah saatnya menyikronkan materi yang selama ini diperoleh di sekolah dengan praktik nyata di lapangan. Oleh karena itu, sambung Paulus, pihak sekolah mengharapkan agar para peserta semua dapat mengasah dan meningkatkan kompetensi lewat kegiatan Prakerin tersebut. Selain itu, tambahnya, dengan adanya kegiatan Prakerin ini, maka para peserta akan mengetahui secara langsung seperti apa Dunia Kerja dan Dunia Industri (DUDI).

 

“Jaga diri dan jaga kesehatan anda secara baik selama di tempat praktik. Jaga nama baik lembaga, rubah pola pikir anda sehingga sekembalinya anda nanti dari tempat Prakerin anda dapat tunjukkan atau anda buktikan bahwa anda adalah anak-anak SMK Negeri 1 Ile Ape yang memiliki sikap, prilaku, karakter dan memiliki kompetensi yang Unggul. Lembaga mengharapkan agar para peserta Prakerin dapat mengoptimalkan dan menyerap semua materi pembelajaran selama berada BLK Malang, sehingga mampu mewujudkan lulusan SMK Negeri 1 Ile Ape yang berkualitas, berkarakter, kompeten, handal dan mampu nersaing secara global,” ungkap Paulus di akhir sambutannya.

 

Untuk diketahui, pelaksanaan Prakerin tersebut dilakukan 2 tahap dengan masing-masing tahapnya selama 1 bulan 2 minggu bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK) Singosari Malang. Untuk tahap I, terdapat sebanyak 50 orang yang tersebar pada 3 program keahlian, yaitu  BKP 14 orang, TBSM 16 orang dan TJTL 20 orang, serta akan diberangkatkan pada Jumad (16/9/2022) dengan menggunakan Kapal Pelni. Sedangkan tahap II akan diberangkatkan dengan menyesuaikan jadwal pelayaran Kapal Pelni. (Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments