Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK NEGERI 1 ILE APE GELAR KEGIATAN IHT

(Foto: Dokumentasi Kegiatan)


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung pengimplementasian Program SMK Pusat Keunggulan Skema Lanjutan Tahun 2022, SMK Negeri 1 Ile Ape, Kabupaten Lembata, menggelar Kegiatan In House Training (IHT) bagi para guru selama seminggu (12-20/9/2022). Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten Lembata, Benyamin Beda Ruing, S.Pd., tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada tahun pelajaran 2022/2023.   

 

Pada kesempatan tersebut, Benyamin memberikan apresiasi kepada SMK Negeri 1 Ile Ape yang telah diberikan kepercayaan kedua kalinya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk melanjutkan Program SMK Pusat Keunggulan. Untuk itu, Benyamin berharap agar setelah mengikuti Kegiatan IHT tersebut, para guru SMK Negeri 1 Ile Ape dapat memiliki semangat yang tinggi dalam mendampingi para peserta didik di setiap Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM).

 

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan IHT, Paulus Gerardus Hurint, S.T.,Gr., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Pelatihan Komite Pembelajaran Bagi Guru SMK Negeri 1 Ile Ape. Hal itu, ujarnya, menjadi langkah awal dalam menyiapkan SDM yang dibutuhkan untuk melaksanakan perubahan pembelajaran di sekolah.  

 

Lebih lanjut, dalam sapaan awalnya, Kepala SMK Negeri 1 Ile Ape, Mikael Segegit Kobun, S.Pd., menyampaikan apresiasi dan limpah terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan Kegiatan IHT dengan baik. Melalui kegiatan tersebut, ungkap Mikael, pihaknya berkomitmen untuk melakukan gerakan perubahan secara bertahap seiring perkembangan dunia pendidikan.

 

“Kita berkomitmen untuk melakukan gerakan perubahan secara bertahap seiring perkembangan zaman, sehingga semua stakeholder lembaga tidak ketinggalan akan kemajuan dan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Selain itu, kita juga mengajak para guru untuk saling berbagi, saling berkolaborasi, dan siap untuk melakukan perubahan yang dimulai dari diri sendiri,” tegas Mikael.



Diberikan Beberapa Materi IHT

 

Dalam Kegiatan IHT tersebut, para peserta diberikan beberapa materi, seperti Kebijakan-Orientasi SMK Pusat Keunggulan dan Pelatihan yang dibawakan oleh Benyamin Beda Ruing, S.Pd., dan Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran (CP), Penyusunan Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), serta Penyusunan Modul Ajar yang dibawakan oleh Gerardus Hurint, S.T.,Gr., selaku Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum, SMK Negeri 1 Ile Ape.

 

Sesuai pantauan, para peserta nampak bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pada hari pertama tersebut. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan diskusi yang dilontarkan oleh para peserta IHT terkait materi yang disampaikan.

 

Untuk diketahui, kualitas dan kesuksesan pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1 Ile Ape sebagai pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan ditentukan oleh pemahaman yang utuh terhadap setiap komponen program, serta kesiapan lembaga pendidikan SMK Negeri 1 Ile Ape dalam mengimplementasikannya. Implementasi pembelajaran dengan Kurikulum Operasional ini memerlukan serangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai pihak.

 

“Untuk itu, sangat diharapkan adanya dukungan, kerja sama, dan partisipasi masyarakat beserta institusi terkait lainnya dalam memajukan SMK Negeri 1 Ile Ape sebagai satu-satunya SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Lembata, sehingga menjadi lebih bermutu, berkualitas dan kompetitif,” demikian ungkap Paulus.(Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments