Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PESERTA DIDIK SMA NEGERI WEBRIAMATA IKUTI UJIAN ANBK

 

(Foto: Suasana pelaksanaan Ujian ANBK di SMA Negeri Webrimata, Malaka)


Malaka, CAKRAWALANTT.COM - Guna mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), para peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Webriamata, Kabupaten Malaka, mengikuti Ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Laboratorium Komputer SMA Negeri Webriamata selama 2 hari, yakni Senin (30/8/2022) dan Selasa (1/9/2022).

 

Kepada media ini, Kepala SMA Negeri Webriamata, Natalia Luruk Naha, S.Pd., menuturkan bahwa pelaksanaan Ujian ANBK sangatlah penting karena bertujuan untuk menentukan mutu sekolah dan memetakan kemampuan peserta didik, guru, dan kepala sekolah. Selain itu, lanjutnya, Ujian ANBK juga berperan dalam melakukan survei lingkungan belajar.  

 

“Terima kasih kepada panitia dan teknisi yang sudah giat untuk menyukseskan Ujian ANBK ini. ANBK ini sangat penting untuk dilaksanakan sehingga yang diharapkan adalah semua sekolah yang ada di Wilayah Kabupaten Malaka mampu merencanakan persiapan kegiatan dan pro-aktif dalam menjalankan ANBK,” tambah Natalia.



Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Ujian ANBK SMA Negeri Webrimata, Agustinus Bria Nahak, S.Pd.Gr., menandaskan bahwa terdapat 50 peserta didik SMA Negeri Webriamata yang terlibat di dalam Ujian ANBK, dimana 45 orang sebagai peserta dan 5 orang lainnya sebagai cadangan.

 

Lebih lanjut, Proktor ANBK SMA Negeri Webriamata, Virgilius Taek, S.Pd., mengungkapkan bahwa pelaksanaan ANBK juga bertujuan untuk memperoleh informasi dan memperbaiki kualitas pendidikan dan Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) di dalam kelas.

 

“Beberapa hal yang dinilai dalam asesemen nasional meliputi penilaian terhadap kemampuan  literasi (kemampuan membaca), numerasi (kemampuan berhitung), karakter peserta didik, kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran peserta didik di sekolah. Sejauh ini ANBK tahun ini berjalan lancar dan aman,” jelas Virgilus.



Di sisi senada, Teknisi ANBK SMA Negeri Webriamata, Ardi Yance Sersinto Amalo, S.Pd., mengatakan, “Awal persiapan sempat mengalami kekawatiran bila adanya kendala listrik, tetapi Puji Tuhan, listrik dan jaringan internet tetap bagus dan selama penyelenggaraan ANBK di SMA Negeri Webriamata tahun ini berjalan lancar.” (Felix Natu/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments