Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KELOMPOK GURU AGAMA KATOLIK DI MALAKA GELAR SAFARI KERUKUNAN INTEREN

 

(Foto: Dokumentasi Kegiatan)


Malaka, CAKRAWALANTT.COM - Kelompok Guru Agama Katolik di Kabupaten Malaka menggelar Kegiatan Safari Kelompok Interen yang tersebar di enam wilayah paroki, yakni Paroki St. Teresa dari Calcuta Hanemasin, Paroki St. Fransiskus Asisi Lakulo, Paroki Yohanes Baptisa Besikama, Paroki St. Yohanes Rasul Webriamata, Paroki Salib Suci Weoe, dan Paroki Kleselon, Jumat (23/9/2022). Kegiatan yang berlangsung di Paroki St. Yohanes Rasul Webriamata tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malaka, Herman Yosep Reda Lete, S.Ag. M.A.B., yang sekaligus membuka jalannya kegiatan secara resmi.

 

Dalam sambutannya, Herman mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para guru pengampu Pendidikan Agama Katolik. Menurutnya, para guru merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah melalui Kemenag, sehingga wajib hadir di tengah masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsinya. Untuk itu, tegasnya, para guru pengampu Pendidikan Agama Katolik harus mampu mengimplementasikan perannya secara baik di tengah kehidupan bermasyarakat.

 

Sebagai guru agama di lingkungan, kita juga sebagai katekis. Jalanilah panggilan hidup dengan gembira. Itu bagian dari yang kita kerja dan mengabdi. Perlu juga adanya modal untuk usaha dan pengembangan ekonomi umat, terutama dari Keuskupan Atambua yang giat memberdayakan ekonomi umat,” tambahnya.

 

Herman berpesan agar para guru selalu membangun sinergisitas dan kolaborasi bersama pihak Gereja Katolik setempat. Selain itu, harap Herman, para guru juga harus melihat Kantor Kemenag sebagai rumah bersama yang mempunyai visi dan misi yang sama.



 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pendidikan Katolik, Kantor Kemenag Kabupaten Malaka, Arnoldus Bria Sae, S.Ag.,M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan untuk meneguhkan esensi dan menguatkan eksistensi para guru pengampu Pendidikan Agama Katolik agar bisa berkarya sesuai tugas pokok dan fungsinya, sekaligus menjadi wadah silahturahmi yang saling menguatkan.

 

Sedangkan, Pastor Paroki St. Yohanes Rasul Webriamata, RD. Frederikus Oeleu, merasa bangga karena sebagai mitra dan perpanjangan tangan dalam mewartakan Sabda Tuhan, para guru pengampu Pendidikan Agama Katolik masih tetap eksis hingga saat ini. Keberadaan para guru tersebut, tegasnya, mampu menjaga identitas kekatolikan umat dengan tetap memperhatikan hal-hal mendasar yang harus dipegang teguh berdasarkan iman dan kepercayaan.

 

Diskusi dan Sharing

 

Setelah seremonial pembukaan terlaksana, dilaksanakan Kegiatan Diskusi dan Sharing Bersama yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Katolik Kabupaten Malaka, Arnoldus Bria Sae S.Ag.,M.Si. Dalam sesi tersebut, terdapat beberapa hal yang diperbincangkan, seperti bagaimana memanusiakan manusia melalui pendidikan agama, proses PPPK yang melibatkan guru pendidikan agama, tunjangan sertifikasi guru, hingga persoalan-persoalan yang melibatkan guru pendidikan agama.

 

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut, hadir kurang lebih 170-an yang terdiri dari guru pengampu Pendidikan Agama Katolik, beberapa kepala sekolah, Ketua KKG, dan beberapa tamu undangan lainnya.



Pantauan media, kegiatan tersebut diawali dengan prosesi penyambutan berupa sapaan adat oleh Ketua Panitia Kegiatan, Fransiskus Nahak, S.Ag., dan dilanjutkan dengan sesi pengalungan beserta tarian adat Bibilku oleh para guru. Setelah semuanya masuk ke dalam aula paroki, para guru dari Kecamatan Wewiku juga membawakan tarian bidu lalok, serta ada hase hawaka untuk lalok atau makan sirih pinang sebagai tata cara adat Malaka saat menerima tamu.

 

Turut hadir dalam rangkaian acara tersebut, Kepala seksi Urusan Agama Katolik, Kantor Kemenag Kabupaten Malaka, Drs. Mateus Mauk, beserta para Pengawas Pendidikan Katolik Tingkat Dasar, yakni Arnoldina Mariana Hoar Bria, S.Ag., Marselinus Here Ati, S.Ag., dan Baltasar Moruk Ruslan, S.Ag. (Felix Natu/MDj/red)


Post a Comment

1 Comments

  1. Terima kasih untuk media cakrawala ntt

    ReplyDelete