Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

GANDENG KOMINFO DAN SIBERKREASI, TBM NDOLU RANGGO GELAR WORKSHOP LITERASI DIGITAL

 

(Foto: Dokumentasi Kegiatan)


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ndolu Ranggo bekerja sama dengan Kominfo dan Siberkreasi sukses menggelar Workshop Literasi Digital dengan tema “Implementasi Nilai-Nialai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika Sebagai Warga Digital” bagi komunitas masyarakat di Kabupaten Ende, Sabtu (10/9/2022), di Wisma Emaus, Ende. Kegiata workshop yang berlangsung alot tersebut bertujuan untuk memperoleh masukan, ide-ide, dan gagasan terkait nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai warga digital.

 

Dalam sambutannya melalui video pre-record, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan masifnya penggunaan internet di Indonesia membawa resiko, seperti penipuan online, hoax, cyber bullying, dan konten-konten negatif lainya.

 

“Maka, adanya peningkatan penggunaan teknologi perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna,” kata Semuel.

 

Guna mempercepat program transformasi digital indonesia dan mendorong peningkatan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi masyarakat Indonesia, diperlukan upaya dan strategi untuk memaksimalkan literasi digital. Dengan adanya literasi digital, maka setiap masyarakat Indonesia diharapkan dapat berpikir kritis terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Untuk diketahui, peserta workshop tersebut terdiri dari Komunitas Masyarakat di Kabupaten Ende, antara lain PMKRI, GMNI, Uma Rema class, OMK, Renune, Himapas Du'a Nggara, FTBM Ende, Truk-F, Trans Hero Kelimutu, dan komunitas di sekitar Ende. (Wilfridus Kado/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments