Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA NEGERI OENOPU GELAR WORKSHOP LITERASI

 

(Foto: Dokumentasi Kegiatan)


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Guna meningkatkan kompetensi guru dan kreativitas peserta didik, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Oenopu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), menggelar Workshop Literasi Bagi Guru dan Peserta didik. Kegiatan workshop yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tersebut dibuka secara langsung oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten TTU, Dra. Elvira Berta Maria Ogom,di Aula Utama SMA Negeri Oenopu, Kamis (25/8/2022).

 

Dalam sambutan pembukanya, Elvira menuturkan bahwa literasi dapat meningkatkan kemampuan membaca, ketajaman daya nalar, dan kompetensi, baik untuk guru selaku tenaga pendidik maupun peserta didik.

 

“Gerakan Literasi Nasional (GLN) sudah dikumandangkan sejak 2015 melalui Permendikbud, tetapi realisasinya masih belum terlalu maksimal. Untuk itu, pada hari ini, SMA Negeri Oenopu sudah melakukan kegiatan besar dengan ekosistem sekolah belajar sepanjang hayat yang harus dilihat sebagai momen untuk kembali menggerakkan literasi itu,” tambah Elvira.



Elvira berharap agar melalui kegiatan workshop tersebut, pengembangan dan peningkatan budaya literasi, baik literasi baca-tulis, budaya, sains, numerasi, dan digital, bisa terimplementasikan secara positif di lingkungan sekolah. Untuk itu, tegas Elvira, semua peserta workshop harus mengikuti setiap tahapan pendampingan dan pelatihan menulis yang dilakukan oleh Tim Formator Literasi MPC NTT.

 

Sementara itu, dua Formator Literasi MPC NTT, yakni Suci Lestari Handayani, S.I.Kom.,M.Psi. dan Felix Natu, S.Fil.,M.Fil. memberikan apresiasi dan limpah terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan workshop tersebut. Menurut keduanya, menulis merupakan sesuatu yang bisa dilakukan oleh setiap orang, tetapi tidak biasa dilakukan oleh semua orang. Hal itu terjadi karena minimnya kegiatan-kegiatan literatif yang dilakukan, terutama di lingkungan sekolah. Maka dari itu, melalui kegiatan workshop tersebut, keduanya berharap agar aktivitas menulis mulai terbiasa untuk dilakukan.



Lebih lanjut, Kepala SMA Negeri Oenopu, Bernadus Leki, S.Si., memberikan sambutan hangat kepada semua peserta workshop dan Tim Formator Literasi MPC NTT yang telah berkenan untuk terlibat secara aktif guna menyukseskan kegiatan terssebut.

 

“Selamat datang di sekolah ini, selamat belajar karena kita tidak berhenti untuk belajar. Para guru dan peserta didik selamat mengikuti Workshop Literasi ini selama tiga hari ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita di lingkungan keluarga besar SMA Negeri Oenopu,” ungkap Bernadus.



Pantauan media, kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (25-27/8/2022) tersebut diikuti oleh 50 peserta didik dan 34 guru. Tampak hadir dalam seremonial pembukaan tersebut, Ketua Komite SMA Negeri Oenopu, jajaran para guru, dan peserta didik. (Frengkianus Naiki dan Katarina Kaesnube, Peserta Didik Kelas XI MIA, SMA Negeri Oenopu/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments