Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SERBA-SERBI FLS2N TINGKAT SD SE-ROTE NDAO TAHUN 2022

 

(Foto: Dokumentasi Kegiatan)


Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) merupakan ajang perlombaan yang dilakukan untuk meningkatkan minat dan bakat peserta didik dalam seni tarik suara, seni tari, maupun seni lukis. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang biasa diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (PPO) Daerah, baik untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 

Di Kabupaten Rote Ndao, penyelenggaraan Kegiatan FLS2N sempat mengalami penundaan selama 3 tahun (2019-2021) karena pandemi Covid-19. Untuk itu, pada tahun 2022, pihak Dinas PPO Kabupaten Rote Ndao kembali menyelenggarakan Kegiatan FLS2N Tingkat SD di SD Negeri Andaiko Nemberala, Kecamatan Rote Barat.

 

SD Negeri Andaiko merupakan lokasi yang dipilih untuk menyelenggarakan Kegiatan FLS2N Tingkat SD se-Kabupaten Rote Ndao pada tahun (2022) ini. SD Negeri Andaiko sendiri berdiri pada tahun 1978 dan keberadaannya sangat strategis karena berada di jantung pariwisata Wilayah Rote Barat yang sangat terkenal dengan hamparan pasirnya yang luas, ombak yang tinggi sebagai wisata selancar, dan olah raga air yang menyenangkan.

 

Sejak berdirinya hingga sekarang, sekolah tersebut telah direnovasi oleh PT Astera Indonesia dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, seperti ruang belajar yang berkelas, ruang aula yang bersih dan dilengkapi dengan kipas angin, halaman yang luas, kamar mandi dan WC yang bersih, serta penataan ruang lomba FLS2N yang sangat apik. Hal tersebut tentunya menjadi alasan Panitia Penyelenggara FLS2N Tingkat SD se-Kabupaten Rote Ndao untuk memilih sekolah tersebut sebagai tempat lomba karena sangat cocok untuk kegiatan yang dimaksud.



Kepala SD Negeri Andaiko, Markus Mboro, S.Pd., yang mengomandani sekolah tersebut sejak tahun 2020 sampai sekarang, menyambut baik dan merasa senang atas terselenggaranya kegiatan FLS2N. Demikian juga Daud Dakabessy, S.Pd., sebagai Pengawas Pembina, turut merasa bahagia atas terselenggaranya FLS2N di  SD Negeri Andaiko.

 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas PPO Kabupaten Rote Ndao, John Pandie, S.Pd., turut hadir dan disambut dengan hangat oleh tarian adat yang dibawakan oleh 4 orang peserta didik serta tuturan syair oleh Tokoh Masyarakat setempat, Esau Nalle. Sebelum melanjutkan seluruh rangkaian acara, Ketua Panitia Penyelanggara Kegiatan, Yermi Pandie, SE., membacakan Laporan Panitia Penyelanggara.

 

“Peserta yang mengikuti FLS2N hanya 7 kecamatan, sedangkan 4 kecamatan lainnya tidak ikut serta. Adapun 7 kecamatan yang yang berpartisipasi dalam FLS2N adalah Kecamatan Rote Barat, Kecamatan Lobalain, Kecamatan Pantai Baru, Kecamatan Landuleko, Kecamatan Rote Timur, Kecamatan Rote Tengah dan Kecamatan Rote Barat Daya. Sedangkan, 4 kecamatan lainnya yang tidak berpartisipasi adalah Kecamatan Rote Selatan, Kecamatan Ndao-Nuse, Kecamatan Rote Barat Laut, dan Kecamatan Loahulu,” terang Yermi.

 

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Dinas PPO Kabupaten Rote Ndao, John Pandie, S.Pd., mengapresiasi penyelenggaraan Kegiatan FLS2N tersebut. Menurutnya, meskipun terkesan mendadak, tetapi mendapatkan respon yang positif dari para kepala sekolah di Kabupaten Rote Ndao. Anggaran penyelenggaraan ajang FLS2N tersebut, jelas John, sepenuhnya dibebankan kepada Dinas PPO kabupaten Rote Ndao. Selain itu, dirinya juga sangat menyayangkan ketidakikutsertaan beberapa sekolah dari 4 kecamatan, sehingga pos anggaran Dana BOS untuk FLS2N pada 4 kecamatan tersebut harus disetor kembali ke kas negara, sebab hal tersebut bersifat perintah.

 

Setelah memberikan sambutan, John secara resmi membuka seluruh rangkaian acara pada Kegiatan FLS2N tersebut. Setelah itu, John beserta rombongan memohon diri untuk pamit lebih awal guna mengikuti asistensi dana penyelenggaraan El Tari Memorial Cup Tahun 2023 di Kantor Dinas PPO Kabupaten Rote Ndao.



Pantauan media, selain Kepala Dinas PPO Kabupaten Rote Ndao, turut hadir dalam acara perlombaan tersebut adalah Camat Rote Barat, Kapolsek Rote Barat, Anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan masyarakat sekitar.

 

Adapun kegiatan mata lomba dalam FLS2N kali ini adalah Lomba Gambar Bercerita yang diikuti oleh 6 kecamatan, Lomba Vokal Solo yang diikuti 7 kecamatan, dan Lomba Seni Tari Kreasi yang diikuti oleh 7 kecamatan. Dewan Juri dalam kegiatan FLS2N ini adalah Mathias Bria Kehik, S.Pd., Fransina Pah-Sui, dan Sandy O.L. Lily., A.Md.AK.

 

Sebelum Dewan Juri mengumumkan hasil akhir perlombaan, terdapat catatan-catatan kecil yang disampaikan oleh ketiga Dewan Juri, yakni (1) untuk Nyanyi Solo, karakter anak-anak sepenuhnya belum terlihat, masih bergantung dengan lagu pada video atau Youtube, tidak ada pengembangan karakter lagu, pengolahan napas kurang, penguasaan panggung belum terlihat, ada anak yang menyanyi dan berdiri di tempat saja, tidak ada pergerakan apa-apa, sedangkan artikulasi dan olah vokal sudah baik;


(2) penilaian pada seni tari cukup diapresiasi, baik kostum, aksesoris, dan property tari terkesan baik. Kekurangannya adalah lagu dalam tarian tidak sesuai dengan tema dan isi tarian. Setiap gerakan dalam tari harus selaras dengan musik yang ditarikan, misalnya, bila tema  musik adalah Ofa Langga, maka isi tariannya janganlah terkait memungut sampah di lingkungan.

 

(3) pada seni gambar bercerita, semua anak sudah baik. Namun, masih perlu dibimbing oleh guru pelatih agar hasil gambar jangan terlihat kotor.

 

Dewan Juri berkesimpulan bahwa para peserta lomba sudah memberikan yang terbaik dalam kegiatan FLS2N tersebut. Bagi peserta yang sudah berhasil diharapkan untuk terus meningkatkan kemampuan dan bakatnya, sedangkan, peserta yang belum berkesempatan memperoleh juara diberikan motivasi untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuannya secara terus menerus.

 

Berikut disampaikan pengumuman hasil perlombaan FLS2N tingkat SD se kabupaten Rote Ndao tahun 2022 sebagai  berikut :


1) Lomba Gambar Bercerita



2) Lomba Vokal Solo



3) Lomba Seni Tari Kreasi


Demikianlah serba-serbi penyelenggaraan ajang FLS2N Tingkat SD se-Kabupaten Rote Ndao Tahun 2022. (Othniel Eduward Muskanfola, S.Th./MDj/red)



Post a Comment

0 Comments